Waspada Penipuan! Berikut Cara Cegah Penipuan Lewat WhatsApp

Suryamedia.id – Maraknya penipuan lewat WhatsApp meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Apalagi, banyak oknum yang mengatasnamakan nama-nama orang yang dikenal maupun instansi resmi di Indonesia untuk menipu para korban dan melancarkan aksi kejahatan.

Aksi penipuan via WhatsApp tersebut sering kali dilakukan dengan berbagai modus. Pelaku sering kali mengirimkan link, file aplikasi hingga tombol block dengan menyamar sebagai orang yang dikenal atau perwakilan instansi. Dengan demikian, korban akan mengeklik tautan tersebut tanpa curiga. Perlu diketahui, hal ini akan memudahkan pelaku melakukan phising atau meretas informasi pribadi korban, termasuk akun keuangan.

Jika Anda sudah mengetahui modus-modus penipuan tersebut, lakukan beberapa berikut untuk menghindari peretasan dan penipuan via WhatsApp.

Waspada nomor asing

Pertama, waspada nomor asing yang mengirim pesan kepada Anda. Jangan gegabah untuk mengikuti perintah, terutama jika diminta untuk membuka link atau file mencurigakan. Jika pesan tersebut berasal dari orang yang dikenal, pastikan lebih dulu kebenaran dari yang bersangkutan. Apabila yang bersangkutan mengaku tidak mengirim, segera blokir nomor tersebut.

Baca Juga :   Mengenal WhatsApp Aero, Versi Modifikasi Aplikasi Resmi

Pastikan nama instansi resmi muncul otomatis

Nomor kontak entitas bisnis maupun instansi resmi lainnya biasanya sudah diverifikasi oleh WhatsApp. Sehingga, namanya akan langsung tertulis dan mendapat centang hijau, tanpa Anda perlu menyimpannya lebih dulu. Namun, jika pesan tersebut mengaku salah instansi dan tidak ada nama yang muncul, maka patut dicurigai. Lakukan pemblokiran atau laporkan ke pihak WhatsApp.

Cari tahu dari website resmi

Lakukan double check jika Anda mendapat kiriman pesan perintah mengeklik link atau file PDF. Anda bisa menghubungi call center, atau mencari tahu dari sosial media resmi dan website resmi mereka. Biasanya, informasi terkait verifikasi atau pengumuman lainnya akan disampaikan juga lewat website atau media sosial resmi mereka.

Kirim laporan

Jika Anda menerima pesan terindikasi penipuan, segera laporkan kepada entitas resmi yang namanya dicatut. Dengan demikian, instansi tersebut bisa melakukan langkah pencegahan berupa edukasi dan informasi, maupun tindakan lebih lanjut ke ranah hukum.

Cek nomor di aplikasi

Jika Anda merasa curiga dengan nomor asing, periksa nomor tersebut melalui aplikasi untuk mengetahui nama yang disimpan oleh pengguna lainnya. (*)

Baca Juga :   Tampilan WhatsApp Android Berubah Jadi Mirip iOS, Mengapa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *