KTP Bakal Berubah Jadi IKD, Sampai Mana Progressnya?

Suryamedia.id – Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebentar lagi bakal digantikan dengan Digital ID atau Identitas Kependududkan Digital (IKD).

Menurut keterangan Menteri Komunikasi dan Informatika (kominfo) Budi Arie Setiadi, Presiden Joko Widodo telah meminta agar pengembangan dan penerapan IKD tersebut bisa dipercepat. Ia juga menyatakan bahwa pemerintah sudah siap untuk mulai menerapkan Digital ID.

“Pemerintah sudah siap. Karena integrasinya sudah, platformnya, terus aplikasinya, juga tentang arsitektur digitalnya. Secara konsep sudah rapi, tinggal bagaimana menyatukan semua kementerian dan lembaga baik pusat maupun daerah,” tutur Budi Arie Setiadi, dikutip dari siaran pers Kominfo.

Implementasi secara keseluruhan ditargetkan pada September 2024, sementara kurun waktu 6 bulan tersebut adalah target penyelesaian sistem.

“(Target penyelesaian) Digital ID sampai September 2024, supaya kalian punya identitas digital. Target enam bulan sesuai arahan Presiden Jokowi itu sistemnya paling enggak sudah terjadi, dipercepat,” sambungnya lagi.

Baca Juga :   Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *