Apa Itu Digital Native?

Suryamedia.id – Di era digital dan perkembangan informasi, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah digital native. Digital native sendiri merujuk pada seseorang yang tumbuh di tengah hadirnya teknologi, sehingga mereka menjadi generasi yang merasa nyaman dengan kehadiran teknologi digital dan fasih dalam mengoperasikannya.

Digital native umumnya menerapkan teknologi dalam sebaga aspek kehidupan, baik di kehidupan sosial, pendidikan dan profesional. Mereka juga cepat dan tanggap dalam mengenali teknologi digital dan memiliki kemampuan yang baik untuk beradaptasi dengan teknologi digital baru.

Siapa saja yang termasuk diginal native?

Generasi milenial disebut sebagai generasi pertama yang pertama kali hidup di dunia digital dan menjadi generasi digital native pertama. Saat ini, digital native diidentikan dengan generasi milenial dan generasi setelahnya, yakni generasi Z.

Generasi pertama yang tergabung dalam kelompok digital native umumnya lahir antara tahun 1981 hingga 1996 (milenials). Kemudian, generasi kedua disebut generasi z yang lahir antara 1997 hingga 2010-an.

Dua kelompok ini menghabiskan hampir seluruh hidup mereka dengan perangkat digital dan media sosial. Literasi digital yang mempuni memengaruhi pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan teknologi oleh kedua generasi ini. Mereka juga mampu menggunakan teknologi modern, baik untuk mencari pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari.

Baca Juga :   Google Siapkan ‘Birthday’ di Event Khusus Google Calendar

Karakteristik digital native

Orang-orang yang termasuk ke dalam digital native memiliki ciri-ciri sebagai berikut;

Mereka pembelajar intuitif, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahui cara kerja sebagian besar perangkat digital, situs web, platform media sosial, dan semua jenis teknologi lainnya.

Mereka berkembang dilingkungan yang kreatif dan dinamis.

Memiliki kemampuan multitasking.

Memiliki kemampuan sosialisasi tinggi meski mereka hidup di tengah perkembangan teknologi dan media sosial.

Mereka terkenal karena ketidaksabaran dan kurang bergerak.

Terkesan tidak bisa hidup tanpa teknologi dan internet

Demikian penjelasan tentang digital native. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *