TikTok Uji Coba Fitur AI Song, Bisa Buat Lagu dengan Perintah Teks

Suryamedia.id – TikTok sedang uji coba fitur AI untuk membuat lagu berdasarkan perintah yang dimasukkan oleh pengguna. Fitur tersebut sementara ini dinamakan dengan ‘AI Song’.

Hingga saat ini, AI Song masih berupa fitur eksperimental, sehingga hanya tersedia untuk sejumlah pengguna tertentu. Fitur tersebut dirancang untuk digunakan untuk kebutuhan hiburan, bukan untuk mencoba membuat lagu komersial.

Dilansir dari TechCrunch, TikTok mengatakan bahwa AI Song menggunakan Bloom, yakni model bahasa untuk membuat lirik berdasarkan perintah teks. Liriknya tersebut lalu disesuaikan dengan musik dari katalog yang ada di dalam TikTok. Sejumlah pengguna yang ikut serta dalam uji coba ini juga turut membagikan pengalaman mereka saat menggunakan fitur ini.

Lewat postingan yang diunggah oleh pengguna TikTok Jonah Manzano, setelah prompt dimasukkan, aplikasi akan mulai membuat lagu sesuai dengan lirik yang terkait dengan perintah. Kemudian, lirik tersebut juga dipasangkan dengan musik yang ada di Tiktok. Pengguna juga dapat mengubah nuansa lagu dengan beralih antara berbagai genre, mulai dari pop, EDM, hingga Hip Hop. Hasil akhirnya, lagu unik dengan lirik berdasarkan teks prompt yang dimasukkan tersebut.

Baca Juga :   Tren TikTok ‘Mbak Taylor’ Mendadak Trending, Bagaimana Awal Mulanya?

Lebih lanjut, ada aturan tersendiri yang harus dipatuhi saat menggunakan AI Song itu. Misalnya, fitur tersebut tidak boleh digunakan untuk mengeksploitasi atau merugikan anak di bawah umur, dilarang menyebarkan informasi palsu atau pribadi yang merugikan orang lain, juga tidak diperkenankan untuk mencemarkan nama baik, menipu atau melecehkan orang lain.

Menurut informasi saat ini, tidak diketahui kapan fitur AI Song tersebut akan diluncurkan secara lebih luas. Kemungkinan, nama dari fitur tersebut juga akan diubah nantinya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *