Tepat 25 Januari 2024 Diperingati Hari Gizi Nasional, Berikut Sejarahnya

Suryamedia.id – Tepat pada hari Kamis, tanggal 25 Januari 2024 ini diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Peringatan ini menjadi momen yang pas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya nutrisi pada makanan yang dikonsumsi dalam rangka mengatasi masalah gizi di Tanah Air.

Penetapan Hari Gizi Nasional diprakarsai oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) tahun 1960-an, kemudian diambil alih oleh Direktorat Gizi Masyarakat pada tahun 1970-an. Dengan demikian, sampai tahun 2024 ini, peringatan ini sudah memasuki tahun ke-64.

Dilansir dari DetikSulsel, berikut adalah sejarah peringatan Hari Gizi Nasional.

Sejarah hari Gizi Nasional

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan RI, penetapan Hari Gizi Nasional pertama diprakarsai oleh organisasi Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tahun 1950. Sementara itu, salah satu tokoh yang berperan dalam pencanangan hari nasional ini adalah Prof. Poorwo Soedarmo.

Tahun 1950, Prof. Poorwo diangkat sebagai kepala organisasi LMR oleh Menteri Kesehatan Indonesia saat itu, yakni Dokter J Leimena yang juga dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Baca Juga :   Pasca Natal, Truk Pengangkut Logistik Padati Pelabuhan Merak

Kemudian, tahun 1951, Prof. Poorwo membangun Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR), tepatnya pada tanggal 25 Januari. Melalui lembaga pendidikan tersebut, muncul kader-kader gizi di Indonesia. Apalagi, sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *