Rekomendasi Hardisk Eksternal dengan Performa Mempuni Tahun 2024

Suryamedia.id – Meski PC dan laptop memiliki storage yang mempuni, hardisk eksternal juga menjadi perangkat yang dapat melengkapi internal storage perangkat tersebut. Khususnya bagi pengguna yang menyimpan banyak file berukuran besar.

Dengan adanya hardisk eksternal ini, pengguna tak perlu risau untuk menyimpan file-file tersebut tanpa membebani kinerja perangkat yang membuat sistem menjadi lemot dan mengalami gangguan lainnya.

Sebelum membeli hardisk eksternal, secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah kapasitas, jenis drive, kecepatan transfer, ketahanan, keamanan, kompatibilitas dan fitur tambahan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 jenis hardisk eksternal yang kami rekomendasikan.

Seagate Backup Plus Ultra Touch

Salah satu keunggulan hardisk eksternal dari merek ini adalah performa yang tetap stabil meski dipakai seharian penuh. Seagate memiliki kecepatan transfer data hingga 7200 RPM. Sementara itu, kapasitas yang ditawarkan Seagate Backup Plus Ultra Touch yakni 1 TB dan 2 TB.

Hardisk ini juga dilengkapi dengan perlindungan sandi berenkripsi AES-256 Seagate Secure™ dan kompatibel dengan USB-C dan USB 3.0 untuk laptop Windows dan Macbook. Perangkat ini memiliki pilihan warna hitam dan putih. Perangkat ini dibandrol mulai dari Rp840 ribu hingga Rp1 jutaan.

Baca Juga :   Manfaat Penggunaan Smartphone Desain Flip dan Fold

Transcend External HDD StoreJet 25C3S

Transcend External HDD StoreJet 25C3S memiliki keunggulan dalam hal kinerja yang stabil, daya tahan, dan kompabilitas yang sangat baik. Perangkat ini terbuat dari alumunium ramping dan memiliki ketebalan 9,95 mm sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Transcend StoreJet 25C3S dilengkapi dengan kabel USB Tipe C dengan antarmuka USB 3.1 Gen 1 dengan kecepatan transfer 5Gbps. Transcend juga memiliki perlindungan eksklusif menggunakan Transcend Elite Software yang melindungi seluruh drive dan file. Transcend StoreJet 23C3S memiliki kapasitas hingga 1 TB dan dibandrol dengan harga Rp1 jutaan.

Toshiba Canvio Premium

Toshiba Canvio Premium didesain dengan alumunium dengan adaptor USB Type-C. Perangkat ini juga memiliki interface USB 3.0-nya yang juga kompatibel dengan USB 2.0 di Windows dan Mac.

Hardisk jenis ini telah dilengkapi oleh software keamanan dan pencadangan untuk melindungi data-data penting. Toshiba Canvio Premium memiliki 3 opsi kapasitas, yakni 1 TB, 2 Tb dan 3 TB dengan kecepatan transfer mencapai 5 GB/detik. Toshiba Canvio Premium dibandrol dengan harga mulai dari Rp1,4 juta hingga Rp2,4 juta.

Baca Juga :   Spesifikasi dan Perkiraan Harga Seri Infinix Note 40 4G, Rilis 21 Maret 2024

SanDisk G-Drive Professional

SanDisk G-Drive Professional menggunakan HDD Ultrastar kelas 7200 RPM dengan kecepatan transfer 195 MB/detik. Hardisk ini juga memiliki sepasang port Thunderbolt yang dapat menghubungkan enam unit dengan satu kabel.

Konektor USB-C™ dan antarmuka USB 3.1 Gen 1 untuk transfer data universal. Perangkat ini juga didesai dengan Casing aluminium dan bisa digunakan di Mac maupun laptop Windows. SanDisk G-Drive Professional memiliki kapasitas hingga 4 TB.

Silicon Power Rugged Armor A30

Silicon Power adalah Silicon Power Rugged Armor A30 memiliki gel silika yang tahan guncangan saat terjatuh. Hardisk ini juga lulus pengujian standar militer AS MIL-STD-810G yang ketat. Armor 30 hadir dengan interface USB 3.0 Superspeed dan kompatibel dengan USB 2.0. Untuk varian 2 TB, Armor 30 dibanderol dengan harga sekitar Rp1,5 jutaan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *