Apa Itu Kpopfication?

Suryamedia.id – K-pop wave atau gelombang K-pop merupakan salah satu fenomena besar yang terjadi di industri hiburan 10 tahun terakhir ini. K-pop sendiri diketahui sebagai genre musik yang dibawa oleh musisi asal Korea Selatan pada penggemar musik dunia, identic dengan nada-nada catchy, music video berkonsep, hingga koreografi yang enerjik.

Selain membawa inovasi dalam dunia musik, K-pop juga membawa budaya baru di kalangan penggemar. Budaya-budaya K-pop yang melekat tersebut biasanya hanya diketahui oleh mereka yang memiliki ketertarikan secara lebih mendalam dibandingkan fans musik lainnya. Misalnya, lightstick saat konser, fansign event, fanchant, videotron bahkan koleksi merchandise.

Seiring budaya K-pop yang meluas, hal-hal tersebut bahkan menyebar hingga kalangan umum yang tidak berkaitan dengan K-pop. Melekatnya unsur K-pop tersebut sering kali menyangkutpautkan berbagai aspek kehidupan, atau bisa dikenal dengan istilah Kpopfication.

Apa itu Kpopfication?

Kpopfication merupakan sebuah istilah yang mengacu pada perilaku yang membuat berbagai hal di luar dunia K-pop memiliki kesamaan dengan budaya yang ada di dalam K-pop. Kpopfication ini tidak hanya diterapkan pada industri hiburan saja, namun juga merambah ke dunia politik.

Baca Juga :   RIIZE Jadi Grup KPOP Tercepat yang Capai 1 Juta Followers di Instagram

Sebagai contoh, kpopfication pernah terjadi pada penyanyi dangdut King Nassar beberapa waktu yang lalu. Banyak penggemar (yang kemungkinan berasal dari penggemar K-pop) mendesain official lightstick untuk Nassar hingga membuat merchandise berupa photocard dan item-item lainnya khas penyanyi K-pop.

Menarikny, tindakan penggemar mulai dari membuat desain hingga mempromosikan tersebut sama sekali tidak melibatkan oleh manajemen Nassar, melainkan organik dari para penggemar K-pop sendiri untuk mendukung sang artis.

Tak hanya dari dunia hiburan, baru-baru ini saat Indonesia ramai dengan bahasan politik, banyak pendukung salah satu pasangan calon presiden membuka akun khusus untuk menyebarkan informasi-informasi mengenai visi misi, kegiatan hingga statement-statement tokoh tersebut di berbagai media. Akun ini bahkan menjadi viral dan diikuti oleh banyak orang karena kecepatan informasi yang dimilikinya.

Tak hanya berupa akun khusus, pendukung setia mereka juga membuat banner, lightstick hingga mengirimkan foodtruck untuk membantu promosi selama periode kampanye.

Tujuan dari gerakan Kpopfication ini memang belum jelas diketahui, serta bagaimana cara mereka bisa menarik banyak orang awam ikut terlibat dalam hal berbau K-pop ini. Namun, pada dasarnya, beberapa hal yang dilakukan oleh orang-orang tersebut dalam melakukan Kpopfication memengaruhi terhadap promosi kepada pasar atau kelompok yang lebih luas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *