Lahan Pertanian Terendam Banjir, Dewan Pati Sebut Petani Masih Gunakan Sistem Ijon

Pati, Suryamedia.id – Ribuan lahan pertanian di Pati yang masih terendam banjir, mendapatkan perhatian dari salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso.

Pihaknya menyebutkan bahwa kebanyakan petani masih mencari solusi untuk lahan yang kebanjiran tersebut dengan cara sistem ijon. Sistem ijon sendiri adalah penjualan pertanian yang masih dalam keadaan hijau atau belum dipanen.

Menurutnya langkah tersebut terpaksa harus dipilih petani, lantaran tidak punya pilihan lain untuk bisa melakukan penanaman lahan kembali.

“Karena solusi para petani untuk saat-saat ini yang terpaksa harus dengan ijon, karena tidak ada modal untuk memulai itu,” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati itu pun berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dapat mencarikan solusi atas hal itu. Dimana salah satu solusi yang dapat ditawarkan kepada para petani yakni dengan asuransi pertanian.

Melalui program tersebut, diharapkan petani dapat menerima kompensasi jika suatu saat lahan pertanian mengalami gagal panen alias puso.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *