Uji Coba Relay Kode OTP Telegram Disebut Berisiko Terhadap Informasi Pribadi Pengguna

Suryamedia.id – Telegram perkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna berlangganan versi premium secara gratis. Ini disebut sebagai imbalan karena mengizinkan Telegram menggunakan nomor telepon pengguna untuk relay kode verifikasi atau kode OTP.

Nomor telepon pengguna digunakan untuk mengirimkan kata sandi SMS ke pengguna lainnya yang mencoba masuk ke platform. Hal ini dinilai memiliki risiko privasi berupa paparan informasi pribadi.

Fitur ini, pertama kali ditemukan oleh saluran Telegram TGInfoEn (melalui reverse engineer AssembleDebug), kemudian diluncurkan di negara-negara tertentu untuk pengguna Android. Pengguna yang setuju dengan kebijakan tersebut akan memberikan Telegram akses untuk menggunakan nomor sebagai relay OTP.

Dilansir dari TechCrunch, perusahaan akan mengirimkan maksimal 150 pesan OTP per bulan. Pengguna yang berpartisipasi mungkin juga dikenakan biaya untuk penggunaan SMS lokal dan internasional, serta harus mencapai kuota tertentu untuk dapat memanfaatkan langganan gratis.

Baca Juga :   Telegram Resmi Hadirkan Fitur Bisnis bagi Pelanggan Premium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *