Musim Tanam Bertepatan Awal Kemarau, Dewan Pati: Pemkab Perlu Hati-hati

Pati, Suryamedia.id – Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M Nur Sukarno mewanti-wanti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam menghadapi musim tanam (MT) di awal tahun ini.

Anggota Komisi B tersebut mengingatkan agar Pemkab dapat memberikan arahan kepada para petani agar dalam melakukan penanaman, memilih jenis tanaman palawija.

Hal itu sebagaimana perhitungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dimana awal April 2024 diprediksi telah memasuki awal musim kemarau, khususnya di wilayah Kabupaten Pati.

“Untuk masa tanam kali ini ya, memang pemerintah juga dirasa perlu hati-hati. Mengingat dari informasi cuaca dari BMKG kalau awal bulan ini nanti akan masuk kemarau justru ya,” sebutnya.

Sukarno menuturkan, pemerintah perlu berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) masing-masing kecamatan guna menginformasikan hal tersebut.

“Kami rasa perlu juga keterlibatan PPL guna menginformasikan paling tidak kepada para petani di tingkat bawahnya,” imbuhnya.

Beberapa pilihan yang bisa menjadi pilihan para petani jenis tanaman palawija tersebut diantaranya seperti kacang hijau dan juga kedelai.

Baca Juga :   Mau Urus Pengesahan Site Plan Perumahan di MPP? Simak Syaratnya

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut menilai tanaman palawija lebih disarankan dibandingkan tanaman pangan saat musim kemarau.

“Bisa kacang hijau atau kedelai lah, kecuali di daerah yang masih dialiri aliran jratun mungkin tanaman padi masih bisa,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *