Google PlayStore Mudahkan Pengguna Hapus Data dan Akun Tanpa Instal Ulang Aplikasi

Suryamedia.id – Google PlayStore akan mudahkan pengguna untuk menghapus data dan akun tanpa menginstal ulang aplikasi di ponsel. Google menyebutkan bahwa PlayStore akan menampilkan praktik penghapusan data ini dalam daftar ‘awal tahun depan’ untuk akhirnya diterapkan kepada seluruh pengguna.

Kontributor Android Authority, yakni Assemble Debug melihat bahwa Google Play Store telah mulai menampilkan lencana ‘Penghapusan akun tersedia’ di bagian Keamanan Data dalam daftar Aplikasi.

Kebijakan penghapusan data Google menyatakan bahwa pengembang harus menyediakan opsi penghapusan data dan akun dari dalam aplikasi mereka dan di web. Dengan cara ini, jika pengguna telah meng-uninstal suatu aplikasi, mereka tidak perlu menginstal ulang aplikasi tersebut untuk meminta data atau akunnya dihapus.

Sejak Desember 2023, Google telah mendorong pengembang untuk memasukkan informasi tentang penghapusan akun aplikasi di daftar toko mereka. Pengembang dapat meminta perpanjangan hingga 31 Mei 2024, setelah itu aplikasi yang tidak mematuhi kebijakan mungkin menghadapi ‘tindakan penegakan hukum tambahan’ di masa mendatang, seperti penghapusan dari Google Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *