Dewan Pati Apresiasi Kegiatan Pemeriksaan Hewan Ternak Menjelang Iduladha

Pati, Suryamedia.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pertanian (Dispertan) pada Bidang Peternakan terkait pemeriksaan hewan ternak menjelang Iduladha pada, Selasa (11/06/2024) kemarin.

Sebelumnya, Bidang Peternakan telah mendatangi Pasar Wage, Kecamatan Margorejo untuk melakukan pengecekan hewan ternak yang bakal menjadi calon hewan kurban. Pengecekan menyasar hewan ternak jenis sapi.

Nur Sukarno selaku Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati menyampaikan bahwa pengecekan di pasar hewan sangatlah bagus. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir penyakit mulut dan kuku (PMK) yang ada pada hewan menjelang Iduladha.

Tak hanya untuk mencegah PMK, pemeriksaan dilakukan pada momen menjelang Iduladha karena kemungkinan hewan ternak dari Kabupaten Pati akan dikirim ke daerah lain dan sebaliknya.

“Pemeriksaan hewan kurban untuk antisipasi penularan penyakit tertentu, misal penyakit mulut dan kuku (PMK), atau penyakit lainnya, karena pada momen tersebut terjadi pengiriman lintas daerah,” tulis Sukarno dalam pesan singkat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum mengatakan bahwa Kabupaten Pati merupakan kantong hewan ternak. Sehingga terkait hewan yang akan dijadikan kurban, pihaknya menjamin jika di Kabupaten Pati tidak akan mengalami kekurangan.

Baca Juga :   Bharada Eliezer Jalani Sidang Etik Polri

“Pati ini termasuk kantong-kantong ternak, kita juga mengirim ke wilayah-wilayah Jakarta, Jawa Barat, secara populasi kita sudah cukup, tidak perlu mendatangkan dari daerah lain secara populasi ya. Selama ini malahan kita yang mengirim ke luar-luar,” jelas Niken. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *