DPRD Desak Pemkab Pati Beri Edukasi Marketing ke UMKM

Pati, Suryamedia.id – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M Nur Sukarno mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk memberikan edukasi marketing kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Khususnya untuk para pelaku usaha yang baru memulai bisnis yang tentunya memiliki permasalahan utama bagau memasarkan barang dagangannya dan memutar modal.

“Produk UMKM salah satu permasalahannya juga di marketing, sehingga butuh bantuan dari Pemkab,” kata politisi Partai Golongan Karya (Golkar) belum lama ini.

Sukarno juga meminta Pemkab Pati memberikan fasilitas pelatihan variasi marketing hingga terobosan-terobosan jitu agar produk UMKM Bumi Mina Tani naik kelas.

“Marketing merupakan salah satu keberhasilan suatu produk atau hasil usaha. Strategi untuk menggenjot marketing dibutuhkan banyak terobosan terobosan sehingga bisa berkembang dengan pesat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabid UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Hendri Kristianto mengatakan, pelatihan marketing bagi UMKM bukanlah hal yang baru.

Dalam beberapa kesempatan, pihaknya terus melakukan pelatihan life skill bisnis kepada pelaku UMKM di Kabupaten Pati di segala sektor. Mulai dari Marketing digital, perizinan hingga pengurusan sertifikasi halal.

Baca Juga :   Inovasi Petani Milenial Putus Rantai Nilai Perdagangan Komoditas Pertanian

Meski demikian, dirinya mengakui bahwa Pemkab Pati belum mampu mengakomodir seluruh UMKM di mengingat jumlahnya yang puluhan ribu.

“Kami telah mengadakan sosialisasi kepada para UMKM di Kabupaten Pati. Di dalamnya terdapat training. Meskipun tidak banyak UMKM yang diundang,” paparnya.

Pelatihan UMKM tetap digelar setiap tahunnya dengan konsep dan format yang berbeda,  menyesuaikan kemampuan anggaran APBD. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *