DPRD Pati Minta Bantuan Alsintan Digunakan Sesuai Peruntukannya

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta agar bantuan alat mesin dan pertanian (Alsintan) dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Sebelumnya, penyerahan Alsintan secara simbolis telah dilakukan di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pati, yang dihadiri dari PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kepala Dinas Pertanian Niken Tri Meiningrum dan beberapa tamu undangan dari ketua kelompok tani pada Kamis, (06/06/2024) lalu. Salah satu Alsintan yang diserahkan yaitu traktor besar roda empat.

Menanggapi hal tersebut, M. Nur Sukarno selaku wakil rakyat dari Partai Golongan Karya (Golkar) mengatakan bahwa bantuan alat tersebut harus dimaksimalkan.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati itu mengatakan bahwa traktor roda empat tersebut cocok digunakan di wilayah yang memiliki kondisi tanah padat seperti wilayah Pati Selatan. Sedangkan untuk wilayah dengan tanah gembur seperti Pati Utara kurang cocok.

“Itu memang untuk tanah-tanah Pati Selatan itu cocok, karena tanahnya padat atau gesek. Tapi untuk Pati Utara itu relatif banyak yang tidak cocok, karena ke dalam pada saat sawah diairi itu hampir 20-25 cm,” papar Anggota Komisi B tersebut.

Baca Juga :   Tingkatkan Pelayanan, MPP Pati Buka Pelayanan Mandiri Taspen Bagi Pensiunan

Oleh karena itu, untuk menggunakan traktor roda empat atau besar, Sukarno meminta petani untuk lebih dahulu melihat tekstur tanah yang akan digarap. Apakah termasuk lahan dengan tanah padat atau tidak. Sehingga lahan sawah nantinya dapat maksimal hasilnya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa lahan yang paling cocok menggunakan traktor roda empat yaitu lahan kering seperti lahan tebu.

“Memang harus sesuai dengan tekstur tanahnya untuk traktor yang besar itu, cuma untuk lahan tebu memang cocok itu juga tanahnya kering,” jelasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *