Tips Hemat Daya Baterai Ponsel Agar Tidak Cepat Lowbatt

Suryamedia.id – Salah satu gangguan yang mungkin terjadi saat menggunakan smartphone untuk menonton video atau bermain game adalah daya baterai yang cepat habis (lowbatt). Sebenarnya, ada sejumlah faktor penyebab baterai ponsel memiliki masa pakai jauh lebih rendah.

Beberapa faktor yang membuat baterai cepat habis diantaranya layar yang lebih cerah, prosesor yang bekerja lebih cepat, banyak perangkat lunak yang aktif di latar belakang, dan koneksi internet yang cepat.

Biasanya, produsen sudah mengantisipasi kondisi tersebut dengan meningkatkan kapasitas baterai, namun penggunaan yang berlebihan mungkin membuat baterai bekerja lebih keras dari seharusnya.

Berikut ini kami rangkum tips menghemat pemakaian baterai.

Aktifkan mode hemat daya

Alihkan ponsel Anda ke mode hemat daya yang secara otomatis mengurangi aktivitas-aktivitas yang dapat menghabiskan masa pakai baterai. Mode hemat daya ini akan membatasi jaringan, sinkronisasi, dan layanan lokasi, serta menurunkan kecepatan refresh layar.

Sesuaikan kecerahan layar

Kecerahan layar ponsel menggunakan sumber daya baterai yang besar. Hindari untuk mengaktifkan kecerahan paling terang karena hal itu bisa membuat baterai boros. Oleh sebab itu, masuk ke pengaturan ‘Tampilan’, kemudian turunkan kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai ponsel.

Baca Juga :   Kirim Reaksi Langsung dengan Aplikasi Seen di iOS

Atur waktu layar kunci

Semakin lama layar ponsel dalam keadaan menyala, semakin banyak masa pakai baterai yang terkuras. Anda dapat mengatasinya dengan mengatur layar agar mati lebih cepat sesaat setelah Anda selesai menggunakannya. Opsi ini biasanya ada di menu Pengaturan > Tampilan > Batas waktu layar. Atur waktu selama 15 detik hingga 1 menit saja.

Matikan lokasi dan layanan nirkabel

Sinyal yang dikirim terus menerus dari ponsel untuk menunjukkan lokasi dapat menguras baterai ponsel. Ini sama dengan fitur Wi-Fi, Bluetooth, dan data seluler yang juga akan menghabiskan masa pakai setiap ponsel mendapatkan notifikasi. Oleh sebab itu, matikan lokasi dan data selular saat ponsel tidak dugunakan.

Matikan pembaruan aplikasi di latar belakang

Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang akan menguras baterai ponsel, meskipun Anda tidak menggunakannya. Ini karena aplikasi-aplikasi tersebut akan terus memproses notifikasi yang muncul di ponsel. Oleh sebab itu, keluarkan aplikasi yang masih aktif di latar belakang saat tidak digunakan. (*)

Baca Juga :   Fitur Avatar WhatsApp Telah Rilis di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *