YouTube Luncurkan Eraser Tool untuk Content Creator

Suryamedia.id – YouTube meluncurkan pembaruan Eraser Tool di platform baru-baru ini. Dengan alat tersebut, pengguna bisa menghapus musik dengan hak cipta dari video, tanpa memengaruhi audio lain seperti dialog atau efek suara.

Hal ini turut diumumkan oleh Neal Mohan selaku Kepala YouTube melalui postingan media sosialnya di X. Dalam unggahan tersebut, ia mengatakan bahwa fitur tersebut bermanfaat bagi pembuat konten (creator content) video di YouTube.

“Kabar baik, untuk pembuat konten! Alat Eraser Tool lagu kami yang diperbarui membantu Anda dengan mudah menghapus musik yang diklaim hak cipta dari video Anda (sambil membiarkan sisa audio Anda tetap utuh),” tulisnya.

Diketahui, perusahaan telah menguji alat penghapus tersebut selama beberapa waktu, meski alat tersebut kadang kala tidak benar-benar akurat dalam menghapus semua lagu yang dilindungi hak cipta. Disebutkan bahwa alat baru ini menggunakan algoritme bertenaga AI untuk secara khusus mendeteksi dan menghapus lagu tersebut tanpa memengaruhi audio lain dalam klip.

Sementara itu, YouTube juga masih memperingatkan bahwa algoritme mungkin gagal menghapus lagu. Oleh sebab itu, mereka juga memberikan alternatif untuk memilih opsi ‘Mute all sound in the claimed segments’ guna membungkap semua suara dan lagu di bagian yang dipilih.

Baca Juga :   GTA 6 Bakal Dirilis 2025, Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

“Pengeditan ini mungkin tidak akan berhasil jika lagunya sulit untuk dihapus. Jika alat ini tidak berhasil menghapus klaim pada video, Anda dapat mencoba opsi pengeditan lainnya, seperti mematikan semua suara di segmen yang diklaim atau memangkas segmen yang diklaim,” terang perusahaan tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *