Dispertan Pati Beri Bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier

Pati, Suryamedia.id – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati beri bantuan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) di empat titik Kecamatan Tambakromo. Diantaranya di Desa Pakis, Desa Karangawen, Desa Mangunrekso, dan Desa Tambaharjo.

Menurut Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tambakromo, Iwan Kurniawan, lokasi pertanian di wilayah binaannya memperoleh anggaran masing-masing sebesar Rp 75 juta untuk program tersebut.

Kini, telah tuntas satu saluran irigasi di Desa Pakis sepanjang 125 meter. Selanjutnya ia menyampaikan bahwa akan ada tindaklanjut perbaikan di Desa Karangawen, Desa Mangunrekso, dan Desa Tambaharjo.

“Saat ini baru di Pakis. Lalu akan dilanjutkan ke tiga lokasi lagi. Saat ini saya dan teman-teman PPL Kecamatan Tambakromo tengah membuat Laporan Pertanggung Jawabannya dan membuat proposal,” imbuhnya saat dihubungi Mitrapost.com.

Program RJIT merupakan program tahunan yang diadakan oleh Dispertan dalam rangka meningkatkan kondisi infrastruktur jaringan. Sehingga mampu meningkatkan fungsi layanan irigasi.

Selain itu, program RJIT diharapkan dapat meningkatkan luas areal tanam dari lahan pertanian disekitarnya. Menurut Iwan, saluran Irigasi di Desa Pakis dimanfaatkan Kelompok Tani (Poktan) Rukun Mulyo untuk memecah aliran irigasi saluran utama agar bisa mengairi lahan jagung Poktan tersebut.

Baca Juga :   News Grafis : Pati Akan Uji Coba PTM

Iwan mengatakan jika RJIT berikutnya belum ada kepastian kapan direalisasikan. Pasalnya, ia menunggu adanya realisasi yang dilakukan pihak Dispertan.

“Sekarang ini kami belum tau pastinya kapan. Tetapi, ini baru proses pencairan dana. Serta pihak Dinas tengah menyusun persiapan pelaksanaan rehabilitasi,” imbuhnya.

Program RJIT ini nantinya akan diserahkan kepada Poktan, sehingga proses perawatannya akan dilakukan secara gotong royong dan swakelola. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Dispertan Pati Salurkan Bantuan Perbaikan 4 Saluran Irigasi di Tambakromo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *