Pemkab Klaten Izinkan Wisata Buka dengan Batasan Pengunjung

Pemkab Klaten Izinkan Wisata Buka dengan Batasan Pengunjung
Foto: Mulai 5 Oktober 2021, Pemerintah Kabupaten Klaten mengizinkan dibukanya objek wisata di daerahnya/jatengprov.go.id

Klaten, Suryamedia.idWisata di kabupaten Klaten mulai diizinkan untuk buka dengan batasan 25 persen pengunjung dari kapasitas normal.

Pembukaan objek wisata ini, sudah diperbolehkan oleh pemerintah kabupaten Klaten mulai tanggal 5 Oktober 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudparpora) Klaten Sri Nugroho, menyampaikan, ketentuan tersebut tertuang dalam Instruksi Bupati Klaten Nomor 19 Tahun 2021 tentang PPKM level 2.

Disebutkan, fasilitas umum seperti taman, tempat wisata, serta area publik lainnya diizinkan buka dengan maksimal pengunjung 25 persen dari kapasitas. Operasionalnya juga dibatasi dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

“Ketentuan yang diberlakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan secara disiplin di tempat wisata,” katanya, Rabu (6/10/ 2021).

Selain adanya pembatasan jumlah pengunjung, juga dilakukan skrining kepada wisatawan yang akan memasuki tempat wisata, dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, pengunjung juga harus menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama.

“Untuk skrining dengan Peduli Lindungi masih diujicobakan. Di beberapa lokasi wisata masih terkendala sinyal,” paparnya.

Baca Juga :   Harga Kepokmas di Masa PPKM Cenderung Stabil

Menurutnya sebelum diizinkan secara resmi, simulasi pembukaan tempat wisata sudah digelar di beberapa tempat. Simulasi ditekankan pada pengawasan penerapan protokol kesehatan, baik untuk pengunjung maupun pengelola.

“Pengelola sudah diimbau untuk memperhatikan disiplin prokes. Terutama kapasitas yang diizinkan, jangan sampai melebihi aturan yang sudah diberlakukan. Masyarakat juga diminta memperhatikan prokesnya saat berwisata,” ungkapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here