Pemkab Magelang Gelar Pameran UMKM Selama 3 Hari

Magelang, Suryamedia.id – Jelang peringatan HUT ke-77 RI, pemerintah kabupaten Magelang menggelar pameran UMKM, yang berlangsung selama tiga hari.

Lebih dari 109 ribu pertumbuhan UMKM di Kabupaten Magelang saat ini sedang menuju ke trend positif, setelah lebih dari dua tahun lalu mengalami keterpurukan lantaran pandemi Covid-19 yang melanda.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Magelang, Siti Juwariyah Adi Waryanto saat membuka Pameran UMKM Tingkat Kabupaten Magelang dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI di Lapangan drh Soepardi Mungkid, Jumat (12/8/2022).

Ia menilai, trend positif ini bisa terwujud dengan adanya kerja sama antara berbagai elemen masyarakat. Diantaranya adalah kebijakan dari pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat.

UMKM di samping memiliki peran dan kedudukan yang strategis sebagai kegiatan usaha, sekaligus juga mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, juga mampu berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan.

Oleh karenanya, perlu adanya pemberdayaan bagi para pelaku UMKM.

“Untuk itu, usaha mikro sebagai salah satu pelaku pembangunan ekonomi di daerah perlu diberdayakan melalui pendataan dan pendaftaran, kemitraan dan jejaring usaha, fasilitasi perizinan dan standardisasi, pengembangan sumber daya manusia, pembiayaan, produksi serta produktivitas dan pemasarannya,” kata Siti Juwariyah.

Baca Juga :   Hasil Tes Pasien Suspek Cacar Monyet di Jateng Dinyatakan Negatif

Ia pun mengharapkan, dengan adanya kegiatan pameran UMKM, bisa menciptakan konektivitas antara market, produsen, pelaku UMKM.

“Sehingga nanti produk-produk yang dijual akan dapat mempunyai pangsa pasar tersendiri dan secara signifikan bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pelaku UMKM,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memberikan semangat kepada para pelaku UMKM untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’

“Kegiatan Pameran UMKM ini akan diselenggarakan mulai tanggal 12-14 Agustus 2022 mendatang. Peserta pameran terdiri dari berbagai UMKM di bidang batik, ECO print, fashion, aneka minuman dan makanan, dan berbagai kerajinan,” jelas Basirul. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *