7 Kesalahpahaman Tentang Makanan yang Harus Dipahami

10-kesalahpahaman-tentang-makanan-yang-harus-dipahami
Foto: ilustrasi makanan daging/Pixabay

Suryamedia.id – Semua orang pasti ingin tubuhnya sehat. Sehingga mayoritas orang melakukan beragam cara untuk menjaga kesehatan tubuh, temasuk makanan yang dikonsumsi.

Namun, seiring beredar dan berkembangnya persepsi mengenai pilihan makanan yang sehat, membuat orang kurang mengecek faktanya dan hanya sekedar mengikuti. Sehingga langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, ada beberapa kesalahpahaman mengenai pola makanan yang diterapkan selama ini.

Melansir dari realbuzz.com, Berikut 7 kesalahpahaman tentang makanan yang harus dipahami :

  1. Rendah Lemak Berarti Sehat

Mayoritas orang menilai bahwa mereka pikir makanan sehat merupakan makanan rendah lemak, begitupun sebaliknya, jika makanan tersebut mengadung banyak lemak itu berati tidak sehat. Faktanya, persepsi tersebut sebenarnya bukan persamaan yang valid.

Pertama, sebenarnya banyak diantara makanan rendah lemak ada yang tidak begitu sehat.

Contohnya, banyak yang diiklankan mengatakan makanan siap saji (junk food), yogurt dan makanan ringan lainnya mengandung rendah lemak. Akan tetapi, itu tidak berarti bahwa makanan tersebut sehat jika mengandung garam yang tinggi, zat tambahan dan gula.

Baca Juga :   10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Olahraga. Wajib di Coba !

Kedua, perlu mempertimbangkan bahwa tidak semua lemak sama. Namun, beberapa diantaranya sebenarnya sangat sehat. Contohnya, alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan, sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolesterol.

  1. Kentang merupakan salah satu Buah dan Sayur yang Direkomendasikan

Kita disarankan untuk meningkatkan porsi buah dan sayuran setiap hari.

Namun, ada yang menilai gizi keripik bagus karena berasal dari kentang. Faktanya, kentang yang diolah dalam bentuk apapun bukan pilihan sayuran terbaik.

Disisi lain, kentang merupakan sumber serat, vitamin B dan potasium yang baik. Alih-alih sebagai sayuran, sebenarnya kentang diklasifikasikan sebagai makanan bertepung atau karbohidrat.

  1. Alami artinya Sehat

Sama seperti label “rendah lemak berarti sehat”, begitupun dengan label “ alami berarti sehat”.

Meskipun jika kita melihat produk dari cemilan yang sama, ada makanan mengandung bahan alami mungkin dianggap lebih sehat daripada yang non- alami. Namun, alami yang dimaksud bukan berarti tidak mengecualikan kandungan garam dan gula.

Waspadailah dengan makanan yang berlabel makanan “mengandung” bahan organik atau alami. Penting untuk memeriksa label terlebih dulu untuk memastikan produk “alami” benar-benar sehat seperti yang dilihat.

  1. Diet Vegetarian Kekurangan Protein
Baca Juga :   Baik untuk Pencernaan, Berikut Manfaat Bawang Bombai

Ada mitos yang berkembang tentang diet vegetarian itu berarti tidak mengonsumsi protein yang cukup. Namun, tubuh membutuhkan protein tingkat tinggi untuk kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini