Solo Technopark Jadi Salah Satu Ikon bagi Talenta Kreatif

Suryamedia.id – Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark telah diresmikan pada Senin (6/2/2023).

Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

Dengan diresmikannya kawasan ini, Airlangga mengharapkan bahwa Solo Technopark ini mampu menciptakan start up, memperkuat kolaborasi lintas sektor dan multistakeholders, serta menjadi solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan teknologi bagi semua.

Selain itu, Menko juga menyebutkan bahwa Solo Technopark ini menjadi salah satu ikon bagi talenta kreatif.

“Kota Surakarta memiliki peran strategis dan ini menjadi kota industri kecil menengah, kota jasa dalam 15 tahun terakhir, dan tentunya bahwa pertumbuhannya bisa mencapai 5,8%. Solo Technopark ini menjadi salah satu ikon untuk talenta-talenta kreatif,” tutur Airlangga

Pembaruan kawasan ini juga menjadikan Solo Technopark sebagai ikon dan landmark Kota Solo, yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya mempersiapkan putra-putri daerah menuju persaingan era teknologi.

Revitalisasi Solo Technopark menghadirkan sejumlah fasilitas baru, seperti lapangan futsal dan basket untuk berolahraga, boulevard air mancur yang menjadi area komunal terbuka, Gedung Sembrani serta Gumarang sebagai pusat inovasi.

Baca Juga :   Inovasi Tempat Sampah Pintar Ciptaan Difabel Kota Solo

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengharapkan dengan adanya pembaruan di Solo Technopark ini maka bisa menjadikan Kota Solo bisa bersaing melalui inovasi dan teknologi.

“Sebagai salah satu smart city di Indonesia, Solo siap mempersiapkan putra-putri daerah menuju era digital. Kami wujudkan melalui pendirian Solo Technopark pada tahun 2014, yang saat ini telah berkembang menjadi Kawasan Sains dan Teknologi terpadu, serta pusat pengembangan inovasi se-Jawa Tengah,” tuturnya.

Solo Technopark ini diperbolehkan untuk dikunjungi masyarakat umum, serta memanfaatkan fasilitas baru yang tersedia secara gratis di Boulevard Air Mancur.

Juga disediakan sarana olahraga bersama keluarga, yakni lapangan futsal dan basket. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *