Tips Sehat Jantung saat Berpuasa Ramadan

Suryamedia.id – Sudah banyak penelitian yang mengungkap manfaat puasa bagi kesehatan. Dilansir dari Kompas, Dennis Bruemmer yang merupakan ahli jantung dari Cleveland Clinic menyebutkan bahwa manfaat yang didapat berasal dari pembatasan asupan makanan selama menjalani ibadah puasa.

“Dengan segala ukuran, makan lebih sedikit lebih baik,” kata Dr. Bruemmer.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan adanya penurunan tingkat risiko empat penyakit pemicu penyakit jantung saat berpuasa. Perubahan metabolisme tubuh sangat berkontribusi dalam penurunan kolesterol jahat di dalam darah, mengurangi risiko obesitas, dapat mengontrol gula darah, serta menurunkan tekanan darah.

Meski begitu, perlu diperhatikan pula kesanggupan berpuasa sesuai kondisi tubuh dan kesehatannya. Bruemmer menyarankan untuk tetap menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Dilansir dari Kompas, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan manfaat berpuasa terkait kesehatan jantung.

Perhatikan jumlah kalori

Demi menjaga kesehatan jantung, perlu diperhatikan pula jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain memberikan manfaat mengurangi risiko penyakit jantung, defisit kalori juga dapat menjaga berat badan tetap stabil.

Baca Juga :   Pemerintah Terapkan Aturan Mudik Lebaran 2022

Nutrisi seimbang

Pastikan nutrisi makanan sahur dan berbuka puasa terdiri dari makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Sediakan makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, makanan tinggi protein tanpa lemak (ayam atau ikan, yogurt). Selain itu, hindari makanan tinggi garam, goreng-gorengan dan makanan olahan.

Makan dengan perlahan

Bruemmer mengatakan, cara makan perlahan berguna untuk menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik setelah seharian berpuasa. Ia juga menyarankan beberapa makanan yang mudah dicerna seperti kurma dan buah-buahan kering lainnya, serta jangan lupa untuk minum air lebih dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *