Jelang Arus Mudik, PMI Kota Bandung Buka Posko di 10 Titik

Bandung, Suryamedia.id – Menjelang arus mudik mendatang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung membuka posko di 10 titik.

Berdasarkan keterangan dari Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengatakan bahwa posko ini didirikan untuk menangani kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran.

“Kita juga sudah membuat program untuk Siaga Idulfitri. Kita membuka posko di 10 titik pusat keramaian Kota Bandung,” ungkap Ade.

Program Siaga Idulfitri merupakan salah satu kegiatan yang didanai dari hasil penghimpunan Bulan Dana 2022.

Sebagai informasi, pada Bulan Dana 2022 PMI berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1,6 miliar sesuai target yang ditentukan.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Bandung, Anti Sumardianto memaparkan, 10 titik posko Siaga Idulfitri, sebagai berikut.

  1. Dago Cikapayang
    2. Gedung Sate
    3. Gedung Merdeka
    4. Yogya Kepatihan
    5. Bundaran Cibiru
    6. Ledeng
    7. Taman Lalu Lintas
    8. Kebun Binatang
    9. Tahura, dan
    10. Markas PMI.

“Di posko ada tim pertolongan pertama (PP) dari kita. Tugasnya untuk memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan,” jelas Anti.

Baca Juga :   Ajang Formula E Berlangsung, 50 Bus Gratis Disiapkan untuk Penonton

Untuk armada ambulans, PMI Kota Bandung menyediakan di lima posko. Sedangkan sisanya hanya melalui panggilan langsung atau on call.

Kemudian, untuk petugas posko, akan dibagi dalam dua sif kerja. Masing-masing sif terdiri dari lima petugas PMI.

“Kita bagi dua sif. Sif pertama mulai dari pukul 07.00-14.00 WIB. Sif kedua pukul 14.00-22.00 WIB. Satu sif itu ada lima petugas,” paparnya.

Rencananya posko PMI ini akan buka mulai tanggal 18-27 April 2023.

“Kita hadir sekitar 10 hari. Di sana tersedia peralatan medis untuk pertolongan pertama pada kecelakaan. Sebagai upaya langkah awal jika terjadi kecelakaan saat pengemudi mudik atau arus balik,” imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *