iPhone atau Android, Mana yang Lebih Tahan Lama?

Suryamedia.id – Sering kali terjadi perdebatan antara pengguna smartphone saat membahas tentang iPhone versus Android. Seperti perangkat teknologi pada umumnya, ponsel pintar juga memiliki masa pemakaian yang semakin lama akan berkurang efektivitasnya.

Dilansir dari Detik, rata-rata usia smartphone sekitar 2 setengah tahun. Sementara itu, dari sumber lainnya, smartphone diketahui memiliki usia berkisar antara 15 hingga 18 bulan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi efektivitas ponsel, seperti hardware, software hingga daya baterai. Selain itu, kondisi ponsel juga bergantung pada pemakaian pengguna, seperti jam pengoperasian, kabel charger, lama pengisian baterai dan lainnya. Ahli mengatakan bahwa pemakaian intens dan penggunaan kabel charger tidak resmi (bukan dari produsen) memungkinkan ponsel mengalami overheat.

Berapa usia rata-rata ponsel Android dan iPhone?

Berdasarkan laporan yang dilansir dari Detik, rata-rata ponsel bermerek iPhone memiliki masa penggunaan yang lebih panjang daripada Android, yakni sekitar 4 hingga 10 tahun. Selanjutnya, merek Samsung yang memiliki rata-rata usia 3 hingga 6 tahun, kemudian Huawei dan Xiaomi memiliki rata-rata usia sekitar 2 hingga 4 tahun. Kendati demikian, beberapa pengguna mungkin akan merasakan perbedaan setelah tiga tahun pemakaian. Hardware yang dipakai akhirnya berkurang efektivitasnya.

Baca Juga :   Kolaborasi dengan BMW, Berikut Varian Infinix Note 40 Series Racing Edition

Efektivitas tersebut biasanya dipengaruhi oleh tipe perangkat, seperti update sistem operasi (OS) hingga kapasitas memori. Semakin up-to-date (OS) dan semakin banyak memori memungkinkan ponsel anda bertahan lebih lama. iPhone menerima pembaruan OS dan keamanan hingga lima sampai tujuh tahun setelah HP dirilis. Sementara Android, hanya menerima pembaruan untuk 2 sampai 3 tahun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *