Sebelum Daftar SNBP 2024, Simak Informasi Kuota, Persyaratan dan Jadwalnya Berikut Ini!

Suryamedia.id – Pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bisa mulai untuk memantau perkembangan informasi mengenai Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jumlah kuota SNBP 2024 masing-masing sekolah sudah bisa dicek mulai tanggal 28 Desember 2023 kemarin di laman resmi SNBP.

Informasi ini pertama kali diumukan lewat akun media sosial SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) beberapa waktu yang lalu. Kemudian, setelah jumlah kuota disampaikan, sekolah juga memiliki waktu untuk mengajukan hak sanggah.

“Mari perhatikan dengan saksama informasi kuota sekolah yang akan diumumkan secara terbuka pada 28 Desember 2023,” tulis akun Instagram @_snpmbbppp.

Adapun jumlah kuota SNBP 2024 didasarkan pada akreditasi sekolah dan jumlah siswa tiap sekolah. Disampaikan bahwa sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota sebanyak 40 persen siswa terbaik, sekolah dengan akreditasi B memiliki kuota 25 persen siswa terbaik, sementara sekolah akreditasi C memiliki kuota sebanyak 5 persen siswa terbaik.

Adapun syarat siswa peserta SNBP 2024 yakni siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir (kelas XII) pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul, Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS.

Baca Juga :   Pemerintah Arab Saudi Deportasi 46 Calon Jemaah Haji Indonesia

Sementara itu, bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni & Olahraga, diminta untuk mengunggah portofolio.

Peserta juga harus memiliki kondisi kesehatan yang baik, sehingga mengganggu kelancaran proses studi, serta memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Cara cek kuota SNBP 2024

Sementara itu, staf sekolah dan siswa bisa mengecek jumlah kuota dengan SNBP 2024 secara online untuk masing-masing sekolah. Pertama, buka website SNPMB di alamat https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Kemudian, pilih menu tiga garis yang ada di bagian kiri website. Klik SNBP, kemudian Kuota Sekolah. Anda bisa mencari sekolah Anda berdasarkan lokasi sekolah atau data NPSN.

Jika menggunakan NPSN, masukkan data nomor sekolah lalu klik Cari. Namun, jika menggunakan lokasi sekolah, pilih Provinsi, Kabupaten, Kota Domisili, kemudian Cari.

Jadwal dan alur pendaftaran SNBP 2024

Jadwal SNBP 2024

Pengumuman kuota sekolah tanggal 28 Desember 2023

Masa sanggah kuota sekolah tanggal 28 Desember 2023-17 Januari 2024

Pengisian PDSS tanggal 9 Januari-9 Februari 2024

Baca Juga :   Akhir Tahun 2021, Ancol Tetap Beroperasi

Pendaftaran SNBP tanggal 14-28 Desember 2024

Pengumuman SNBP tanggal 26 Maret 2024

Demikian informasi seputar SNBP 2024. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *