X Tambahkan Dukungan Passkeys untuk Pengguna iOS

Suryamedia.id – X menambahkan dukungan untuk kunci sandi (passkeys) di iOS. Metode login baru ini hadir untuk memberikan opsi bagi pengguna Amerika Serikat, dan dinilai lebih aman dibandingkan kata sandi tradisional.

Selain X, teknologi tersebut akhir-akhir ini juga telah diadopsi oleh sejumlah aplikasi, termasuk PayPal, TikTok, WhatsApp, dan lainnya.

Teknologi passkeys ini diprakarsai oleh Google, Apple, Microsoft, dan FIDO Alliance, bersama dengan World Wide Web Consortium. Tujuannya, untuk membuat login tanpa kata sandi tersedia di berbagai perangkat, sistem operasi, dan web browser. Fitur ini juga hadir di perangkat iOS pada September 2022 dan di akun Google pada Mei 2023.

Metode login passkeys ini berbeda dengan biasanya yang hanya mengandalkan kombinasi nama pengguna dan kata sandi. Melainkan, menggunakan autentikasi biometrik seperti ID Wajah atau ID Sentuh, PIN, atau kunci autentikasi keamanan fisik untuk memvalidasi upaya masuk.

Proses ini menggabungkan manfaat autentikasi dua faktor (2FA) menjadi satu langkah agar proses login menjadi lebih singkat dan lebih aman.

Baca Juga :   X Uji Coba Layanan Berbayar Bagi Pengguna Baru Belum Terverifikasi

Dikutip dari TechCrunch, teknologi ini berguna bagi X, apalagi di tengah maraknya peretasan tingkat tinggi yang menyebabkan beberapa akun disusupi oleh pihak lainnya yang tidak bertanggung jawab. X memulai fitur ini di iOS, tetapi perusahaan tidak mengatakan kapan opsi tersebut juga akan tersedia di Android atau di negara lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *