Jelang Pilkada, DPRD Pati Imbau Warga Jaga Kerukunan 

Pati, Suryamedia.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan bulan November 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengimbau warga agar tetap menjaga kerukunan.

Nur Sukarno, politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) menyampaikan bahwa menjaga kerukunan dengan warga sekitar penting agar tercipta suasana yang damai dan demokratis sebagaimana bulan kemarin saat diselenggarakan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di kabupaten yang berjalan dengan aman.

“Kalau masyarakat sekarang gesekan tidak begitu, yang penting selalu menjaga kerukunan,” ujar Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati tersebut.

Menjelang Pilkada, Sukarno mengharapkan agar masyarakat selalu menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk sekitar dan turut memerangi berita yang tidak benar atau hoaks dengan cara memastikan kebenaran dari setiap informasi yang diterima.

Masyarakat Kabupaten Pati juga diminta selalu jeli dalam memilih pemimpin nantinya. Yaitu yang memiliki kredibilitas serta akhlak yang bagus.

“Memilih pemimpin memang harus orang-orang yang memiliki kredibilitas dan akhlak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi B tersebut mengatakan bahwa media dan tokoh masyarakat harus berperan aktif dalam menyebarkan informasi positif. Sebab media merupakan sumber informasi masyarakat.

Baca Juga :   Anggota DPRD Ungkit Proyek Kolam Tambat, Berharap 2024 Terealisasi

“Sebenarnya media, tokoh-tokoh masyarakat harus selalu memberikan pembelajaran kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan Pilkada akan dilakukan pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Berdasarkan informasi dari laman Komisi Pemilihan Umum (KPU), tahapan Pilkada 2024 diantaranya adalah pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan pada Minggu, 5 Mei 2024 – Senin, 19 Agustus 2024. Kemudian pengumuman pendaftaran pasangan calon pada Sabtu, 24 Agustus 2024 – Senin, 26 Agustus 2024.

Dilanjutkan pendaftaran pasangan calon pada Selasa, 27 Agustus 2024 – Kamis, 29 Agustus 2024. Penelitian persyaratan calon pada Selasa, 27 Agustus 2024 – Sabtu, 21 September 2024. Penetapan pasangan calon pada Minggu, 22 September 2024 – Minggu, 22 September 2024.

Sedangkan untuk pelaksanaan kampanye akan berlangsung pada Rabu, 25 September 2024 – Sabtu, 23 November 2024. Hingga akhirnya hari H pemungutan suara pada 27 November 2024. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *