Hindari Boros Baterai Handphone, Gunakan Tips Berikut

Suryammedia.id – Saat membeli smartphone, salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kapasitas baterai. Sebab kapasitas baterai yang besar akan mendukung daya hidup baterai lebih lama. Penggunaan handphone yang berlebihan dapat memperpendek umur baterai, apalagi jika digunakan dengan multitasking tinggi.

Agar umur baterai smartphone tidak mudah boros maka juga diperlukan perawatan yang tepat, berikut tipsnya:

Tidak menggunakan mode getar

Pilihan mode getar sering kali menjadi pilihan saat kita sedang berada dalam acara tertentu, seperti saat kelas berlangsung, bekerja, atau memang sengaja karena tak ingin mendapat gangguan.

Usut punya usut, mode getar justru berpotensi besar membuat baterai boros. Sebab smartphone membutuhkan daya yang besar untuk mengaktifkan mode getar.

Gunakanlah mode silent untuk menghemat baterai namun tetap dapat mengetahui notifikasi yang muncul tanpa menimbulkan keributan.

Baca juga: Kerusakan Mata Hingga Depresi Akibat Main HP 

Hindari overheat

Jangan sampai terlena ketika menggunakan handphone hingga overheat. Terutama saat bermain game. Penggunaan gawai secara terus menerus dapat membuat baterai cepat panas.

Baca Juga :   Berikut Game Offline Seru yang Bisa Dimainkan Saat Bosan

Tutup aplikasi dari background yang sedang aktif, serta gunakan pengaturan agar bisa memberikan notifikasi batas maksimal penggunaan handphone.

Siklus pengisian daya

Pemilik smartphone harus mengetahui trik pengisian daya agar baterai smartphone bisa awet. Lakukan isi ulang daya baterai ketika menunjukkan persentase 40 persen dan cabut kabel ketika daya sudah terisi minimal 80 persen.

Menjaga siklus pengisian daya ini bisa membantu mengurangi boros daya. Hal paling penting yang perlu dicatat adalah jangan sampai membiarkan baterai hingga kosong.

Battery saver

Trik lainnya untuk merawat baterai adalah dengan mengaktifkan fitur battery saver. Fitur ini akan memberikan tanda ketika smartphone sudah dalam persentase low-batt. Selain itu sistem juga secara otomatis mengurangi performa CPU-nya. (*)

Baca juga: Sekarang Wallpaper WhatsApp Bisa Diganti per Kontak, Coba Deh

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Trik Merawat Baterai Smartphone Tetap Awet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *