10 Buah yang bikin Kulit Sehat, Wajib di Coba

Buah yang bikin Kulit Sehat

Kulit sehat dan terawat tentu menjadi idaman bagi semua orang. Di tengah banyaknya suplemen yang memiliki janji memberikan kesehatan untuk kulit, sehat dari dalam pun bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti buah yang baik untuk kulit.

Jenis buah yang baik untuk kulit 


Fungsi kulit adalah melindungi tubuh kita dari paparan kuman, mikroba dan infeksi. Selain itu kulit juga berfungsi sangat penting untuk merasakan sensasi dan mengatur suhu tubuh. Mengingat ada banyak fungsi kulit yang sangat penting bagi tubuh, maka mengonsumsi makanan- makanan sehat, termasuk buah-buahan ternyata baik bagi kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh. Berikut adalah 10 jenis buah yang baik untuk kulit agar tetap sehat dan terawat.

 

Kulit Sehat, Konsumsi Anggur

Makanan yang bisa digunakan untuk menyehatkan kulit paling dominan adalah buah, karena di dalam buah banyak sekali terdapat vitamin, mineral dan berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit. Salah satu buah yang bisa digunakan untuk mempercantik kulit adalah buah anggur. Buah anggur dipercaya bisa menyehatkan kulit, karena di dalamnya terkandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi pada buah anggur bisa digunakan untuk melembabkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas dan juga menghindari penuaan dini. Tak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, biji anggur juga memiliki manfaat untuk mengurangi infeksi kulit dari macam-macam penyakit kulit.

Baca Juga :   Jadi Andalan Menu Buka Puasa, Kolang Kaling Bagus untuk Kesehatan

Semangka

Buah semangka kaya akan air yang dapat menghindarkan kita dari dehidrasi.  Dehidrasi bisa membuat kulit menjadi kering dan keriput. Tak hanya itu saja, buah semangka juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. Biji dari buah semangka pun kaya akan selenium, zinc, lemak baik dan juga vitamin E.  Makanan yang mengandung vitamin E dapat dipercaya bisa menyehatkan kulit, membuat kulit lembab dan bersinar cerah. Selenium, zinc dan juga lemak baik di dalam biji semangka bermanfaat untuk menghindari penuaan dini.

Alpukat

Tak heran jika buah ini termasuk dalam golongan superfood, karena  khasiat buah alpukat sangat banyak yakni kaya akan serat, folat, vitamin A, C, E, K, B6, dan antioksidan untuk menjaga DNA tubuh. Ditambah lagi, kandungan lutein dan zeaxanthin dapat melindungi kulit kita dari radiasi UV. Sedangkan lemak baik dalam buah alpukat bisa menjaga elastisitas kulit, mengurangi inflamasi, dan mempercepat penyembuhan luka.

Lemon

Buah lemon merupakan bleaching agent yang dapat mencerahkan kulit kita secara alami. Kandungan vitamin C di dalam buah lemon dapat membuang toksin dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi, maka tak ada salahnya jika kalian menambahkan lemon untuk diet sehari-hari. Minum air lemon setiap pagi sebelum sarapan bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari toksin. Atau campurkan 1 sendok makan sari lemon dengan 1 sendok teh susu putih dan oleskan di bagian bawah mata sebagai perawatan kantung mata hitam.

Baca Juga :   Ciri Seafood Yang Aman Dikonsumsi

Pepaya

Buah pepaya tak hanya segar dan sehat untuk dikonsumsi, namun juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Berkat kandungan antioksidan di dalamnya seperti lycopene, dapat membantu melindungi kulit dari tanda penuaan. Buah papaya dapat mengurangi produksi jerawat berkat enzim papain dan chymopapain yang bekerja mengurangi inflamasi pada kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, enzim, beta-carotene, vitamin dan fitokimia yang terkandung di dalamnya dapat membantu mencerahkan dan melembutkan kulit.

Blueberry

Buah blueberry mengandung vitamin A dan vitamin C di dalamnya, yang banyak dikenal dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.  Tak hanya itu saja, buah blueberry memiliki molekul antioksidan antipenuaan, yang disebut antosianin. Antosianin menjadi zat yang memberikan warna biru cantik pada buah ini.  Vitamin A, vitamin C, dan antosianin dapat melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sengatan matahari, stres, dan juga polusi udara.  Zat-zat tersebut bekerja dengan meredakan respons peradangan dan mencegah kulit agar tidak kehilangan kolagen.

Jambu biji

Banyaknya  manfaat jambu biji untuk kesehatan membuatnya menjadi salah satu buah yang populer di Indonesia. Di samping itu, jambu biji juga menjadi buah yang bagus untuk kulit yang dapat kalian konsumsi. Jambu biji dan buah tropis lain (mangga, kiwi, dan nanas), menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C. Jambu biji juga memiliki sedikit kandungan zinc yang dapat memproduksi kolagen.

Pisang

Pisang juga menjadi buah yang dapat menyehatkan kulit. Kandungan asam amino pada pisang dipercaya dapat meningkatkan elastisitas pada kulit. Kabar baiknya, buah ini juga mengandung zinc dan kalium. Zinc bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah tumbuhnya jerawat. Sementara kalium diyakini dapat menghidrasi kulit. Bahkan, kulit pisang pun juga memiliki manfaat. Menggosokkan bagian dalam kulit pisang secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam.

Baca Juga :   Tips Alami Atasi Jerawat Punggung

Delima

Buah delima merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah ini bermanfaat dapat membantu menyamarkan garis-garis di wajah dan bintik-bintik cokelat. Kandungan polifenol yang ada di dalam buah delima mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah sehingga kulit tampak lebih sehat. Delima juga dapat mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Kalian bisa mendapatkan manfaat buah untuk kesehatan kulit ini dengan cara mengonsumsinya secara teratur sebagai jus. Mengonsumsi kulit buah delima dan juga bijinya dipercaya dapat mendorong pertumbuhan sel kulit dan menghambat munculnya keriput.

Apel

Buah apel merupakan  makanan yang mengandung antioksidan di dalamnya. Atioksidan pada buah ini juga termasuk dosis tinggi. Buah apel dapat menghindarkan wanita dari penuaan dini, kulit kering dan keriput. Kulit apel juga mengandung beberapa zat yang baik bagi tubuh, diantaranya yaitu quercetin, antioksidan, asam folat, kalsium dan flavonoid. Kulit buah apel memiliki khasiat untuk melindungi serangan kanker, kesehatan jantung dan pencernaan, mengatasi anemia, kesehatan tulang dan gigi, kesehatan mata, masalah pernapasan dan khasiat kesehatan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here