BNPB Ungkap 2 Wilayah di Jakarta Berpotensi Diterjang Banjir Hari Ini

Suryamedia.id – Dua wilayah di Jakarta berpotensi diterjang banjir pada hari ini, Kamis (13/10/2022). Hal tersebut disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Adapun dua wilayah yang berpotensi diterjang banjir pada hari ini diantaranya adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Hal tersebut berdasarkan analisa data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk.

“Perlu diwaspadai potensi banjir pada tanggal 13 Oktober 2022 di wilayah DKI Jakarta. Khususnya di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur,” tulis pernyataan resmi di laman resmi BNPB, Kamis (13/10/2022).

Selain itu, juga terdapat sejumlah wilayah di luar Jakarta yang berpotensi mengalami banjir. Diantaranya adalah Bogor, Cirebon, Ciamis, Cilacap, Banyumas, Kota Semarang, Kendal, Pekalongan, Tegal, dan Sidoarjo.

BNPB juga meminta pemda agar dapat mengambil langkah antisipasi kesiapsiagaan bencana banjir dengan memantau situasi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air dan potensi risiko (wilayah genangan, red).

Selanjutnya, berkoordinasi dengan stakeholder dalam mobilisasi tim siaga bencana dan sumber daya, menyiapkan tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan, menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatan, dan membantu evakuasi kelompok rentan.

Baca Juga :   Dewan Sebut Parkir Kapal Jadi Biang Kerok Banjir di Pati

Lalu BNPB juga mengimbau masyarakat bersiaga menghadapi potensi banjir tersebut. Di antaranya, menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah, menyiapkan tas siaga (makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga, dan lainnya). (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *