Tekan Angka Pengangguran, Dinperinaker Dorong Masyarakat Berwirausaha

Suryamedia.id – Sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran, Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dinperinaker) mendorong masyarakat untuk berwirausaha.

Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan wirausaha di 27 kelurahan yang ada di kota Pekalongan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya. Sejumlah warga kelurahan Kuripan Yosorejo turut mengikuti pelatihan kerja wirausaha, Kamis (13/10/2022).

“Saya sangat mendukung warga dengan semangat yang luar biasa berusaha membuat usaha-usaha baru, saya sangat senang sekali,” ucap Inggit.

Inggit menilai, dengan digelarnya pelatihan ini, maka bisa membantu Pemkot Pekalongan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, serta membantu pemula untuk menyusun dan mengelola bisnis dengan baik, mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas serta menggembangkan usahanya.

Sementara itu, Kepala Dinperinaker kota Pekalongan, Sri Budi Santoso yang akrab disapa SBS mengatakan bahwa pelatihan wirausaha sangat penting sebab jiwa dan spirit wirausaha masyarakat kota Pekalongan cukup tinggi dan menengok tantangan ekonomi yang dihadapi pasca pandemi.

“Sekarang ekonomi mulai bangkit, daya beli mulai bangkit juga, harapannya bisa ditangkap oleh warga masyarakat untuk memulai melakukan usaha bagi yang belum atau bagi yang sudah memiliki usaha untuk tambah semangat termasuk dengan melakukan peningkatan pemanfaatan IT sebagai bagian penting dunia bisnis saat ini,” ungkap SBS.

Baca Juga :   Ganjar Ungkap Keunggulan Sejarah di Desa Wisata Sangiran Harus Dimaksimalkan

Disampaikan SBS, peserta diberikan paparan materi terkait dunia wirausaha oleh pelaku usaha dan praktisi bisnis online di hari pertama dan dilanjutkan dengan keterampilan teknis untuk melakukan wirausaha.

Ia menambahkan, dengan masifnya pelatihan yang menyasar masyarakat efek positif jangka panjangnya akan menjadi landasan tumbuhnya kalangan wirausahawan dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Lurah Kuripan Yosorejo, Nur Ahmad Ihsan mengajak warganya untuk memanfaatkan pelatihan dengan maksimal agar pengetahuan yang diperoleh dapat dijadikan pedoman untuk melahirkan usaha baru yang memiliki peluang besar serta mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi warga di lingkungan sekitarnya.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *