Penipuan Berkedok Kirim Paket Viral, Berikut Cara Menghindarinya

Suryamedia.id – Media sosial diramaikan dengan kasus penipuan dengan modus seseorang yang mengaku sebagai kurir dan mengirimkan foto paket dengan format aplikasi (APK).

Sejumlah orang pun sudah menjadi korban dari modus penipuan ini. Karena mereka mengklik file yang dikirimkan yang berarti otomatis file terunduh di ponsel mereka jika mereka juga menyetujui semua permission apk tersebut.

Aplikasi yang sudah terinstal memungkinkan penipu untuk menerima SMS, mengakses internet, hingga mengirim SMS.

Agar terhindar dari kejahatan semacam ini maka berikut tips yang perlu Anda lakukan.

Pertama, jangan panik dan tergesa-gesa bertindak saat mendapati ada pesan mencurigakan. Apalagi yang melampirkan file yang tak sesuai dengan format APK.

Kedua, untuk aplikasi, pastikan Anda hanya melakukan instal dari tempat resmi. Jangan menginstal aplikasi dari selain Google Play Store atau Appstore dan situs resmi lainnya. Ini baru langkah awal. Setidaknya Anda akan terhindar dari virus dan trojan yang ada di situs tak resmi.

Kedua, Anda bisa menginstal aplikasi yang umum dan familiar dipakai oleh banyak orang. Hindari menginstal aplikasi yang mencurigakan di ponsel Anda apalagi yang memiliki rating rendah.

Baca Juga :   Mobil Terendam Banjir? Ini yang Harus Anda Lakukan untuk Pertolongan Pertama!

Ketiga, perhatikan ijin aplikasi. Jika aplikasi yang Anda unduh tak berkaitan dengan kontak telepon, tapi meminta akses ke kontak telepon, maka Anda patut waspada dan curiga. Jangan berikan akses baca atau kirim SMS ke aplikasi yang tidak dikenal.

Keempat, pantau aplikasi yang bisa mengakses SMS. Jika ada aplikasi yang tidak esensial, maka lebih baik dihapus.

Kelima, periksa latar belakang perusahaan pengembang aplikasi. Apakah pengembang merupakan perusahaan yang kredibel dan dapat dipercaya atau tidak.

Keenam, perbarui perangkat lunak Anda secara berkala. Pembaruan perangkat lunak dapat membuat ponsel Anda lebih aman.

Ketujuh, jika Anda menemukan aplikasi yang melakukan pencurian SMS, maka segera hapus aplikasi. Dan Anda sebaiknya mereset m-Banking yang dimiliki.

Demikian cara agar terhindar dari kejahatan berkedok kirim paket. Selalu terapkan sifat hati-hati dan waspada terhadap setiap hal yang mencurigakan dan tak wajar. Dengan begitu, semoga Anda terhindar dari modus penipuan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *