Mobil Terendam Banjir? Ini yang Harus Anda Lakukan untuk Pertolongan Pertama!

Suryamedia.id – Sejumlah kendaraan penghuni Apartemen Serpong Garden terendam air akibat jebolnya tanggul Cibogo setelah hujan deras. Setidaknya ada 30 mobil dan 30 motor terdampak banjir yang terjadi pada Rabu, 27 Desember 2023 sore.

“Laporan pengelola apartemen ada 30 mobil yang terendam di lantai basemen ini,” kata Toni selaku Komandan Pos BPBD Kabupaten Tangerang Wilayah Serpong dan Cisauk, dikutip dari Tempo.

Situasi tersebut tentu menimbulkan kekhawatiran bagi pemilik kendaraan, karena hal tersebut cukup membahayakan kesehatan kendaraan, termasuk mobil. Dilansir dari GoOto, berikut adalah tips pertolongan pertama yang bisa dilakukan pemilik mobil saat terendam banjir.

Jangan nyalakan mesin

Pertama, hindari untuk menyalakan mesin saat mobil masih terendam banjir. Apabila mobil dipaksa menyala, ada risiko water hammer. Water Hammer sendiri adalah gangguan yang terjadi pada proses pembakaran mesin dikarenakan air yang terlalu banyak menggenang. Selain karena banjir, kondisi ini juga rentan terjadi pada proses pencucian mobil yang tidak tepat.

Lepaskan kabel aki

Tips selanjutnya adalah melepas kabel aki untuk menghindari risiko konsleting. Apabila terjadi konsleting, maka bisa menyebabkan komponen kelistrikan pada mobil jadi rusak. Apabila tidak memungkinkan, Anda hanya cukup mengecek komponen pengapian, seperti busi, koil, saringan udara, dan alternator.

Baca Juga :   Tips Belajar Efektif dari Jerome Polin, Salah Satunya Metode 50:10

Dorong mobil ke tempat aman

Selanjutnya adalah bawa mobil ke titik lokasi yang aman dari rendaman air dengan cara mendorong. Saat banjir terjadi di parkiran basemen, segera pindahkan mobil Anda ke luar atau ke tempat yang lebih tinggi. Sementara itu, jika banjir terjadi di jalan, dorong hingga melewati daerah banjir.

Cek oli mesin

Pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan pada oli mesin melalui dipstick. Jika diketahui warnanya keruh atau berubah menjadi cokelat, maka dapat dipastikan air sudah masuk ke dalam ruang mesin. Anda perlu memanggil layanan bengkel resmi untuk mengecek kesehatan mesinnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *