Mulai dari Manajemen Screen Time Hingga Filter Komentar, Berikut Fitur TikTok yang Tersembunyi

Suryamedia.id – Tiktok merupakan salah satu media sosial yang populer di Indonesia. Platform ini menawarkan pengalaman membuat, berbagi dan menonton banyak video berdurasi pendek dengan topik yang beragam. Dengan kepopulerannya tersebut, tak jarang muncul pengguna TikTok yang bertujuan mendapat pundi-pundi uang dengan menjadi content creator.

Meski banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, ternyata terdapat beberapa fitur TikTok yang tersembunyi. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui fitur tersebut, padahal hal itu dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman sebagai pengguna.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fitur-fitur TikTok yang jarang diketahui.

Screen time management

Sering kali orang-orang mengakses TikTok sampai lupa waktu, sehingga perlu dibatasi. Oleh sebab itu, TikTok menghadirkan fitur screen time management ini. Fitur ini merupakan fitur untuk mengatur penggunaan TikTok dalam beberapa waktu tertentu. Pengaturannya dapat ditetapkan secara manual, mulai dari 40 menit hingga 120 menit. Saat waktu berakhir, sebuah peringatan akan muncul di layar smartphone Anda.

Risk warning tag

Fitur ini akan membantu pengguna agar tidak menonton konten video secara otomatis, terutama video yang mengandung konten sensitif yang dapat memicu munculnya trauma, rasa tidak nyaman, dan sebagainya.

Baca Juga :   Lindungi Ponsel Anda dari Hacker dengan Cara Ini

Comment filter feature

Comment filter ini berguna untuk menyaring komentar dalam konten yang diunggah. Fitur ini memungkinkan pengguna menentukan kata-kata yang tidak ingin ditampilkan pada kolom komentar.

Restricted mode

Fitur ini berguna untuk melindungi anak dibawah usia 13 tahun saat mengakses TikTok. Dengan mode ini, orang tua dapat memfilter konten sesuai dengan usia anak, serta mencegah adanya konten sensitive yang lewat di FYP anak.

Family pairing

Family pairing merupakan fitur yang memungkinkan orang tua untuk mengawasi penggunaan TikTok oleh anak-anak mereka. Fitur ini menghubungkan akun TikTok orang tua dan akun anak-anak, sehingga para orang tuda dapat mengontrol konten yang dapat diakses anak.  Fitur ini juga mencakup manajemen waktu penggunaan gadget, restricted mode hingga Direct Message.

In-App reporting

Anda juga dapat melaporkan konten atau pengguna yang dirasa menyalahi aturan TikTok dengan In-App reporting. Dengan melakukan pelaporan, pihak TikTok akan menindak lanjuti laporan dan memberikan sanksi, seperti penghapusan konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *