3 Tuntutan Menlu RI Retno Marsudi Saat Open Debat Bersama Dewan Keamanan PBB

Suryamedia.id – Baru-baru ini, Netizen Indonesia memuji tindakan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI saat menghadiri acara open debate di Dewan Keamanan PBB, pada Selasa (23/1/2024) di Amerika Serikat. Debat terbuka tersebut dilaksanakan untuk membahas aksi militer Israel di Palestina selama ini.

Lewat video yang beredar, tampak Menlu RI Retno Marsudi meninggalkan ruangan dengan sejumlah diplomat lainnya saat Duta Besar Israel, Gilad Erdan bicara dalam forum tersebut. Adapun aksi walkout tersebut diyakini sebagai sikap mengecam terhadap serangan militer Israel kepada penduduk Palestina, hingga menimbulkan ribuan korban jiwa.

Mewakili Indonesia, pihaknya menolak dengan tegas pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyatakan bahwa tidak menghendaki negara Palestina berdiri.

“Pada tanggal 18 Januari, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu secara terbuka menyatakan dia tidak akan membiarkan negara Palestina ada. Indonesia menolak keras pernyataan tersebut. Pernyataan itu tidak dapat diterima. Hal ini menegaskan tujuan akhir Israel untuk menghapus Palestina dari peta dunia,” tegas Menlu Retno, seperti dikutip dari pernyataan tertulis Kemlu RI, Rabu (24/1).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menarik Dibaca