Wajib Tahu! Berikut Tanda-tanda Penipuan Belanja Online

Suryamedia.id – Saat ini, orang-orang lebih gemar berbelanja online yang menawarkan kemudahan. Di masa yang serba canggih ini, kita sudah bisa memilih berbagai barang, mulai dari pakaian, elektronik, dan lain sebagainya hanya dengan bantuan ponsel pintar dan sambungan internet.

Sejumlah marketplace juga mengupayakan keamanan dan kenyaman pengguna dengan fitur-fiturnya, seperti retur hingga rating. Meski demikian, tetap ada celah-celah yang dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk menipu (scam) pelanggan yang berbelanja online.

Berikut kami rangkum sejumlah tanda-tanda yang biasanya dilakukan oleh scammer dalam melakukan aksinya.

‍Penawaran harga terlalu rendah

Tanda paling jelas kemungkinan penipuan online adalah penawaran yang terlalu bagus untuk pelanggan. Penipu yang berpura-pura menjadi penjual barang sering kali menawarkan dagangannya dengan harga yang terlalu rendah daripada harga pada umumnya. Hal ini dilakukan untuk menarik calon korban agar tergiur dengan ‘jebakan’ penawarannya.

Informasi situs yang meragukan

Tanda selanjutnya adalah situs yang menyajikan informasi, namun meragukan. Biasanya situs toko online menyematkan penjelasan seputar usaha dan produknya untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Informasi tersebut dibuat oleh orang-orang profesional yang mengetahui betul detail produk-produk perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menarik Dibaca