Empat Bahan Alami Cegah Kutu Bersarang di Bulu Kucing

Foto: Kucing/Pixabay/Jancickal_

Suryamedia.id – Mempunyai hewan peliharaan berbulu, kucing misalnya, memerlukan ketelatenan untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya masalah kutu yang bersarang dibalik bulu-bulu kucing.

Keberadaan kutu pada tubuh hewan selain menimbulkan rasa gatal juga bisa mengganggu kesehatan si anak bulu.

Kutu yang berada pada tubuh kucing atau hewan peliharaan lainnya biasanya tertular dari kucing lainnya, apalagi jika si anak bulu suka keluar rumah. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan dan kandangnya.

Biasanya, menghilangkan kutu bisa dilakukan dengan memandikan kucing menggunakan sampo khusus atau obat anti kutu. Tapi kamu juga bisa mencoba bahan alami berikut ini untuk mencegah kutu bersarang di tubuh kucing:

Baca juga: Alasan Ilmiah Makan Cokelat Bisa Mebuat Bahagia

Cuka apel

Cuka apell bisa digunakan untuk mencegah kutu bersarang di bulu-bulu hewan. Caranya dengan membuat larutan semprotan dari cuka apel.

Campurkan 1 bagian cuka apel atau cuka putih dengan 10 bagian air. Setelah larutan jadi, cukup semprotkan larutan cuka apel ke bulu dan tubuh hewan peliharaan.

Minyak esensial

Minyak esensial seperti lavender, tea tree, atau bahkan minyak kayu putih bisa digunakan untuk mencegah kutu bersarang pada kucing dan hewan peliharaan lainnya.

Gunakan minyak esensial pada kalung hewan peliharaan dengan cara meneteskannya pada bagian tali. Senyawa yang terkandung dalam minyak esensial seperti flumethrin dan imidacloprid diketahui bisa menghilangkan kutu.

Cara ini cukup praktis, namun sayangnya hanya efektif digunakan di bagian leher kucing atau hewan peliharaan lainnya. Selain itu juga memiliki risiko menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kucing.

Baca juga: Khasiat Meniran, Anti Kanker hingga Meningkatkan Imun

Garam

Rupanya garam juga bisa digunakan untuk mencegah kutu pada hewan peliharaan. Cobalah menabur bubuk garam di sekitar celah kendang atau tempat-tempat hewan biasa berada. Diamkan semalaman lalu bersihkan garam dengan sapu atau vacuum cleaner.

Fungsi garam bisa mematikan telur-telur kutu yang berada di tempat yang tidak terlihat.

Air lemon

Air lemon juga bisa digunakan untuk mencegah kutu hewan. Caranya hampir sama dengan membuat cairan semprotan cuka apel.

Potong dua buah lemon dan kupas kulitnya, kemudian potong lemon menjadi potongan yang lebih kecil.

Lalu rebus lemon yang sudah dipotong-potong tadi dengan satu liter air hingga menjadi bubur, lalu matikan api dan diamkan selama semalaman.

Saring bubur lemon tadi dan masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan di bagian tubuh kucing dan hewan peliharaan, terutama di bagian ‘ketiak’, belakang telinga, dan sekitar kepala. (*)

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok Berlebihan dan Cara Mengatasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here