Romantisasi Alam, Doa Saat Matahari Terbenam

Foto: Ilustrasi/Pixabay/asmuSe

Suryamedia.id – Momen matahari terbenam menjadi salah satu keindahan alam yang banyak dinikmati oleh manusia. Bahkan waktu senja ini sering juga diidentikkan dengan hal-hal romantis dan melankolis.

Dalam agama Islam waktu menjelang matahari terbenam merupakan tanda bahwa waktu maghrib segera datang. Di penghujung hari ini, muslim dianjurkan banyak-banyak berdzikir serta membaca doa saat melihat matahari terbenam ke belahan bumi.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uzu bikalimatillahit tammati min syarri ma kholaqa

“Saya berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan sesuatu yang telah Dia ciptakan.”

Baca juga: Doa Agar Dimudahkan Mendapat Pekerjaan

Doa tersebut, melansir laman Bincang Syariah, disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi saw bersabda;

“Barangsiapa mengucapkan ketika matahari terbenam; ‘A’uzu bikalimatillahit tammati min syarri ma kholaqa (Saya berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan sesuatu yang telah Dia ciptakan),’ maka tidak ada sesuatu pun yang bisa membahayakan di waktu malamnya.”

Baca Juga :   4 Keutamaan Puasa Rajab

Umat Islam juga dianjurkan untuk mengingat Allah, yakni dengan berdzikir. Hal ini seperti disebutkan dalam hadis riwayat Abu Daud.

لَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ، حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ: أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ ، وَلَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ: أَحَبُّ إِلَيَّ مَنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً

Artinya, “Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) shalat Shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) shalat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (*)

Baca juga: Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Menikmati Senja, Doa Saat Matahari Terbenam‘.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here