TPH di Pati Kuwalahan Penuhi Penyembelihan Hewan Kurban

Pati, Suryamedia.id – Tempat pemotongan hewan (TPH) di Kecamatan Pati Kabupaten Pati, kuwalahan memenuhi permintaan penyembelihan hewan kurban untuk perayaan hari Raya Iduladha 1442 H/2021.

Dalam sehari, rata-rata TPH di Pati maksimal mampu menyembelih 15 ekor hewan, sementara jauh sebelum Iduladha permintaan sudah mencapai 30 sampai 50 ekor.

Hal ini disampaikan oleh Matrumlah, mantri hewan sekaligus cure master atau pemeriksa ternak di UPT Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Pertanian Pati. Ia menyebut, hari ini (17/7)  dari lima TBH di Pati kota, hanya satu yang masih mampu menerima pesanan.

“Kalau ketersediaan TPH Pati ada 5, di Blaru, Sleko, dan Runting untuk mem-backup penyembelihan hewan kurban selama PPKM. Tanggal-tanggal ini masih ada di Blaru di Pak Rustamaji dekat SMEA Pati,” ungkapnua saat ditemui di Kantor UPTD Puskeswan Pati.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah mengeluarkan aturan terkait penyembelihan hewan kurban dalam perayaan Idul Adha tahun ini.

Aturan tersebut antara lain, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di RPH pada tiga hari Tasyrik yakni 11, 12 dan 13 Dzulhijjah atau 21, 22, 23 Juli 2021 untuk menghindari kerumunan masa.

Baca Juga :   Produk PT Dua Kelinci Dipastikan Bebas Terpapar Covid-19

Namun regulasi tersebut dikhawatirkan malah akan membuat   kerumunan di lingkungan TPH.

Nurcahyo selaku Kepala UPTD Puskeswan Dispertan Pati, meminta agar pemerintah desa menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban ditempat ibadah dengan protokol kesehatan ketat, atau pihak yang berkurban menyembelih di rumah masing-masing.

“bukan hanya kemenag kita (Pemkab Pati) juga menganjurkan ke TPH. Mestinya tidak semua masjid ditutup. Cukup masjid besar yang di pinggir jalan harusnya musala musala kecil dibuka,” kata Nurcahyo menambahi.

Dengan catatan, pelaksana membuat kandang penampungan hewan dan menyediakan tempat cuci tangan di lingkungan tempar sembelih.

Selanjutnya, tempat pemotongan dilengkapi  lubang penampungan darah dan kotoran hewan, tempat pemisahan jeroan dan tempat pengemasan.

Matrumlah mengatakan, pada tahun 2020 sebanyak 5 TPH di Kecamatan Pati menerima pesanan potong hewan kurban sebanyak 408 sapi, 1.338 kabing dan 115 domba.

Meski daya beli masyarakat turun dan terjadi pembatasan kegiatan masyarakat, diprediksi TPH di Pati tahun ini masih over capacity. (*)

artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “TPH Pati Kota Kuwalahan Layani Pesanan Sembelih Hewan Kurban”

Baca Juga :   Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama di Pati Digelar Nanti Malam, 7 Ribu Warga NU Hadir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *