Mengenal Istilah Money Game dan Ciri-Cirinya

Suryamedia.id – Beberapa waktu lalu banyak orang yang terjebak dalam bisnis money game. Menjadi pebisnis memang merupakan dambaan bagi setiap orang. Banyak cara untuk dapat mencapai hal tersebut.

Namun, jangan sampai karena ingin mewujudkan impian tersebut serta ingin memperoleh kekayaan, Anda menjadi terjebak dalam money game.

Money game sendiri merupakan aktivitas menghimpun dana dengan memberikan keuntungan dan bonus bagi para anggotanya yang berhasil merekrut anggota baru.

Sekilas mungkin mirip dengan MLM (Multi Level Marketing), di mana orang yang bergabung akan ditarik biaya pendaftaran. Namun MLM tidak membuat biaya tersebut menjadi bonus. Sedangkan money game, memberikan bonus dari biaya pendaftaran tersebut.

Money game memang mengklaim dirinya menjual produk. Namun sebenarnya, produk itu hayalah kedok.

Money game sering disebut juga dengan skema piramid atau Ponzi. Hal ini dikarenakan, setiap orang diharuskan memiliki keseimbangan jumlah anggota di dua sisi atau di dua kakinya, untuk menyeimbangkan bonus.

Orang yang berada di puncak piramid akan memiliki keuntungan terbesar, sedangkan di bawahnya memiliki keuntungan yang di bawah orang di atasnya. Begitu seterusnya ke bawah. Oleh karena itu, orang yang berada di level terendah akan sangat dirugikan.

Baca Juga :   Makanan Ini Tak Baik Disimpan di Kulkas

Money game sendiri memiliki tiga sistem, yaitu sistem binary atau dua kaki, trinary atau tiga kaki, dan hybrid atau gabungan dua dan tiga kaki.

Sistem ini dilarang di Indonesia karena merugikan banyak pihak. Anda dapat mengindari bisnis ini dengan mengenali ciri-cirinya.

Berdasarkan kriteria dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia atau APLI, bisnis money game biasanya memiliki ciri sebagai berikut.

Pertama, keuntungan didapatkan dari berapa banyak orang yang direkrut serta menyetor sejumlah uang untuk kemudian terbentuk format atau skema piramid

Kedua, keuntungan dihitung dari sistem recruiting hingga terbentuk suatu format tertentu.

Ketiga, upline lebih mementingkan untuk merekrut anggota baru atau downline daripada menjual produk.

Dengan mengetahui ciri-ciri di atas, Anda dapat waspada dan berhati-hati apabila ada orang yang menawarkan bisnis dengan keuntungan yang berlipat bagi Anda.

Banyak kedok yang dipakai oleh pebisnis yang menggunakan sistem money game ini, sehingga Anda harus benar-benar jeli dan tidak begitu saja tergiur dengan iming-iming yang ditawarkan.

Baca Juga :   Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Mental

Indonesia sendiri sudah banyak kasus orang yang tertipu dengan bisnis semacam ini. Tidak hanya di Indonesia, bisnis dengan sistem ini juga sudah dilarang di Amerika dan Australia karena merugikan bagi banyak pihak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *