Makanan Ini Tak Baik Disimpan di Kulkas

Foto: Ilustrasi/Pxhere

Suryamedia.id – Teknologi lemari pendingin atau kulkas menjadi penyelamat untuk menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama. Sebab meyimpan makanan di kulkas dapat menjaga kesegaran makanan, terutama buah dan sayuran, serta daging.

Sayangnya, tak semua jenis makanan aman disimpan di dalam lemari pendingin. Ada jenis-jenis makanan yang justru akan rusak jika disimpan dalam kulkas.

Buah-buahan

Tidak semua jenis buah akan awet jika disimpan di kulkas. Buah-buahan seperti pisang, alpukat, semangka, apel, melon, pir, stroberi, mangga, jeruk, dan papaya merupakan jenis buah yang sebaiknya tidak disimpan ke dalam kulkas.

Hal tersebut karena kandungan antioksidan pada buah-buahan tersebut akan berkurang karena pengaruh udara yang dingin. Buah-buah tersebut juga akan terasa kering dan kurang matang.

Baca juga: Makanan Ini Bisa Perparah Kram Perut Saat Haid

Daun-daunan

Daun yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu atau rempah dalam masakan sebaiknya juga tidak disimpan di kulkas.

Daun bawang, daun ketumbar, daun kemangi, daun seledri, daun salam, atau daun peterseli jika disimpam di kulkas akan menyerap bau-bauan dari makanan lain di kulkas Anda sehingga tak wangi lagi aromanya.

Bawang

Menyimpan bawang merah dan bawang putih yang disimpan di dalam kulkas akan menjadi lebih kusam dan kenyal. Parahnya, rasa bawang putih dan bawang merah juga tidak setajam sebelumnya sehingga akan berpengaruh pada rasa masakan. S

Sedangkanmenyimpan bawang bombai dalam kulkas akan membuatnya menjadi lembek dan cepat berjamur. Hal tersebut disebabkan oleh kelembapan udara

Jenis bawang-bawangan lebih baik disimpan pada tempat yang kering dan sirkulasi udara yang baik, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Bahaya Konsumsi Minuman Manis untuk Kesehatan

Roti

Banyak orang menyimpan roti di dalam kulkas untuk mencegah munculnya jamur. Sayangnya menyimpan roti begitu saja dalam kulkas justru akan membuat tekstur roti menjadi lebih kering dan kasar.

Untuk tetap menyimpan roti ke dalam kulkas, gunakanlah wadah kedap udara untuk menyimpan roti sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. (*)

Baca juga: Makanan Ini Bisa Sebabkan Keracunan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Jenis-Jenis Makanan yang Tidak Aman Disimpan di Kulkas”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here