Penghafal Alquran di Jateng Meningkat Pesat Tahun Ini

Penghafal Alquran di Jateng Meningkat Pesat Tahun Ini
Foto: Wakil gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat menghadiri Haul KH Anas Noer Fathoni dan Haflah Khotmil Qur’an ke-24, di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, Kamis (16/6/2022)/jatengprov.go.id

Kendal, Suryamedia.id – Wakil gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengungkapkan bahwa penghafal Alquran di wilayah Jateng mengalami peningkatan pesat pada tahun 2022 ini.

Hal tersebut disoroti lantaran semakin banyaknya wisuda santri yang bergelar hafiz-hafizah 30 juz.

“Saya sangat bersyukur, di Jawa Tengah, alhamdulillah berkat Anda semua Bu Nyai, para Kiai, mulai awal tahun Januari sampai bulan Juni, itu di Jateng sudah lebih dari seribu santri yang hafal Qur’an, yang sudah diwisuda 30 juz,” bebernya, saat menghadiri Haul KH Anas Noer Fathoni dan Haflah Khotmil Qur’an ke-24, di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, Kamis (16/6/2022).

Wagub juga mengatakan, di awal program pemberian bisyaroh diselenggarakan, yakni pada 2019 lalu, dalam satu tahun tidak mencapai 500 santri yang diwisuda. Tetapi seiring sosialisasi yang dilakukan pemerintah, kini semakin banyak pondok pesantren yang mengetahui program bisyaroh dan memberikan sambutan positif.

“Artinya tahun ini lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Saya tahun pertama hanya bisa mencatat hafiz – hafizah, jumlahnya 300 (orang), kadang 500 (orang). Baru ini yang sekarang di Jateng sudah lebih dari 1.000 hafiz/ hafizah,” tuturnya.

Baca Juga :   Pasar Sukorejo Terbakar, Bupati Kendal Minta PUPR Lakukan Uji Kelayakan

Gus Yasin, sapaan wagub, mengharapkan dengan semakin banyaknya santri penghafal Alquran 30 juz, maka akan semakin banyak yang mengamalkan isi dan memberikan keberkahan bagi Jawa Tengah.

“Semoga memberkahi Jateng. Memberkahi Anda dan saya, di mana Jateng membuat tentramnya Anda dan saya hidup di Jateng. Sesuai yang diperintahkan Rasulullah, karena banyak yang membaca Al-Qur’an, sehingga jadi ayem, tentrem, jadi enak. Tidak panas, tidak sumpek di Jateng. Ini karena Anda semua, akhirnya di pemerintahan juga adem, enak, senang,” tutupnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini