Ganjar Ungkap Kunci Pencegahan dan Penanganan Bencana di Jateng

Ganjar Ungkap Kunci Pencegahan dan Penanganan Bencana di Jateng
Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai apel kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana pada musim hujan 2022-2023, Jumat (14/10/2022)/

Semarang, Suryamedia.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkap kunci pencegahan dan penanganan bencana di wilayah Jateng.

Hal tersebut disampaikannya dalam apel kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana pada musim hujan 2022-2023, Jumat (14/10/2022).

Apel yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jateng itu, diikuti 200 orang personel. Mulai dari Basarnas, BPBD, Dinas Sosial, PMI, Baznas, BMKG, Dinas Pusdataru, Dinas ESDM, Pramuka, TNI/ Polri, ormas peduli bencana, hingga sejumlah relawan.

Adapun kunci pencegahan dan penanganan bencana yang dimaksud Ganjar adalah respon cepat, dimana hal tersebut bisa dilakukan dengan pemetaan wilayah rawan bencana.

Setelah mengetahui potensi kebencanaan suatu daerah, pasokan data cuaca dan penyiagaan personel perlu dikuatkan.

“Yang penting, pertama adalah infomasi, seperti curah hujan dari BMKG, kondisi tanah dari badan geologi, termasuk dari (dinas) ESDM kami yang coba kita sebarkan. Kemudian, memunculkan awareness, maka kawan-kawan relawan, kades penting untuk mengetahui, supaya responnya bisa cepat,” ungkapnya, Jumat (14/10/2022).

Ia mengatakan, apel kali itu digelar untuk memastikan kesiagaan instansi terkait. Ganjar berpesan, agar personel dan peralatan serta logistik disigakan. Di samping itu ia meminta warganya agar menghidupkan “ ilmu titen”, sebagai nilai lokal untuk mengantisipasi bencana.

Baca Juga :   Siaran TV Analog di Sejumlah Wilayah Jateng Akan Dimatikan

“Maka apel hari ini kita undang relawan, dinas ke sini tumplek blek untuk siaga. Termasuk alatnya, kita mau saat digunakan berfungsi, dan logistik juga. Kita pantau agar bisa respon cepat,” urainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini