Ketahui Kecemasan Anak saat Mulai Sekolah     

Suryamedia.id – Merasa gugup saat memasuki sekolah baru merupakan hal yang wajar. Anak mungkin mengalami kecemasan-kecemasan terkait lingkungan baru, teman baru hingga aktivitas baru lain yang akan diterima mereka di sekolah.

Dilansir dari Psychology Today, Ellen Kennedy-Moore, Ph.D menjelaskan tentang fenomena school anxiety yang ditandai dengan gejala-gejala, seperti mual, terlalu lama memilih pakaian, lebih diam dari biasanya, sulit tidur di malam hari, penurunan nafsu makan, gelisah, dan lekas marah.

Jika anak Anda mengalami beberapa hal tersebut, coba lah untuk memahami kecemasan mereka dan lakukan beberapa tips berikut.

Takut perundungan

Kecemasan yang mungkin dirasakan oleh anak saat pertama kali masuk sekolah adalah mendapat perundungan dan intimidasi dari teman-teman lainnya. Jika anak merasakan kecemasan itu, cobalah untuk menenangkannya dengan memberikan kata-kata positif bahwa lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang menyenangkan dimana mereka dapat mendapat teman baru.

Selain itu, dorong mereka untuk memberi tahu guru maupun orang tua jika anak-anak Anda mengalami tindakan tidak menyenangkan dari sesama temannya.

Baca Juga :   Penyebab dan Cara Mencegah Sariawan di Gusi

Takut Berkomunikasi

Kecemasan lain yang mungkin dirasakan anak adalah takut berkomunikasi dengan orang baru yang tidak dikenal. Lingkungan baru seringkali membuat anak takut berkenalan dengan teman-teman yang lainnya karena keterbatasan kemampuan berkomunikasi.

Oleh sebab itu, bimbing anak Anda agar lebih terbuka dan bantu mereka dengan berkenalan dengan teman-teman lainnya untuk meringankan beban mental anak. Selain itu, batasi penggunaan gadget karena perangkat tersebut dapat menahan anak untuk berkomunikasi langsung dengan teman-temannya.

Cemas tentang pelajaran

Saat pertama masuk sekolah, anak biasanya mengalami kesulitan mengikuti pelajaran. Untuk meringankan bebannya, jangan beri mereka standar tinggi terkait nilai. Sebaliknya, dampingi mereka saat belajar di rumah. Berikan pemahaman bahwa dalam pembelajaran, nilai bukan satu-satunya yang paling penting, melainkan proses belajar.

Cemas pada lingkungan baru

Kecemasan anak lainnya saat pertama kali bersekolah adalah terkait lingkungan dan aktivitas baru. Perbedaan lingkungan dari biasanya membuat anak menjadi kurang percaya diri. Selain itu, rutinitas baru juga sering kali membuat mereka kebingungan.

Baca Juga :   Teladani Rasul, Puasa Sunnah di Bulan Syakban

Untuk mengatasinya, bantu mereka membuat jadwal dan memberi tahu terkait apa saja aktivitas yang perlu dilakukan, seperti apa saja mata pelajaran yang akan dipelajari, bagaimana berperilaku di ruang kelas, kapan anak bisa bertanya, kapan mereka harus mengerjakan PR dan bermain. Hal ini dilakukan agar anak lebih siap saat menghadapi lingkungan dan rutinitas baru.

Demikian beberapa kecemasan anak saat masuk sekolah pertama kali dan bagaimana cara mengatasinya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *