Apa Itu Digital Mindset dan Digital Mindset Assessment?

Suryamedia.id – Perkembangan teknologi dan informasi melahirkan pola pikir terkait pembaruan penggunaan teknologi dengan internet dan komputer. Hal ini sering disebut dengan digital mindset. Digital mindset bukan tentang keterampilan bahasa pemrograman saja, namun perubahan pola pikir tentang transformasi digital yang berkembang dalam jangka panjang.

Dilansir dari Glints, digital mindset dicontohkan dengan kepribadian dan perilaku keinginan untuk memperlajari teknologi, kritis dalam membaca data, mencari solusi sebuah permasalahan untuk menghasilkan inovasi serta kemampuan membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda.

Digital mindset ini sangat dibutuhkan dalam beberapa pekerjaan. Sejumlah perusahaan bahkan memberikan sebuah tes untuk mengukur kesiapan kandidat dalam aspek pola pikir dan perilaku dalam menerima pembaharuan teknologi, yang merupakan pola pikir penting untuk bekerja di perusahaan digital telekomunikasi. Nama tes ini sering disebut dengan digital mindset behavior assessment.

Mengambil contoh perusahaan, PT Telkom menilai beberapa aspek dalam digital mindset behavior assessment.

  • Fostering teamwork, yakni kemampuan bekerja sama dengan individu dengan pendekatan dan komunikasi yang efektif.
  • Digital literacy, yaitu kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan tepat.
  • Communication, yakni keahlian dalam berkomunikasi verbal maupun tertulis secara efektif dalam menerima dan menyampaikan informasi.
  • Data driveness, yaitu kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan data.
  • Critical thinking, yakni kemampuan dalam berpikir kritis dan melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Selain itu, mampu memecahkan masalah berdasarkan data yang relevan.
  • Agility, yakni kemampuan untuk adaptif, belajar dari kegagalan, dan menanggapi perubahan serta tantangan baru.
  • Customer centric, yaitu memiliki keinginan untuk mengulurkan bantuan dan pelayanan kepada pelanggan.
  • Open mind, yakni sikap terbuka terhadap hal-hal baru.
Baca Juga :   Tips Masuk ke Sekolah Favorit, Belajar Adalah Kuncinya!

Sementara itu, dilansir dari cakeresume.com, berikut beberapa hal yang bisa perusahaan lakukan untuk mengembangkan digital mindset dari para karyawannya.

Membangun visi transformasi digital

Pemimpin dituntut untuk menciptakan visi yang berfokus pada perubahan dalam era digital untuk meningkatkan efisiensi dan transformasi digital. Perlunya pengembangan strategi untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan memanfaatkan mobile apps maupun toko fisik.

Pemberdayaan karyawan

Pemberdayaan karyawan dapat dilakukan dengan eksperimen terhadap ide baru yang tetap relevan dengan peran karyawan, bisnis, industri, serta struktur dan budaya organisasi.

Mengembangkan keterampilan

Perusahaan perlu mengetahui keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung digital mindset. Selain itu, perusahaan juga perlu mengkaji strategi dan business model, serta melakukan pelatihan skill baru kepada karyawan.

Menguji dengan digital mindset assessment

Adanya jenis tes ini membuat perusahaan mengetahui tentang bakat dan kemampuan potensial karyawan. Ini akan membangun wawasan terkait cara membangun digital mindset pada mereka.

Berikut beberapa contoh soal essay digital mindset assessment dari PT Telkom

  • Apa saja yang termasuk contoh digital Aset?
  • Apa pengertian dari digital mindset?
  • Berikan contoh implementasi konsep digital!
  • Apa yang dimaksud dengan digital transformation?
  • Apa prinsip dunia digital dalam menerapkan digital mindset?
Baca Juga :   Tips Mudah Dapat Teman di Sekolah Baru

Demikian penjelasan singkat terkait digital mindset dan digital mindset assessment. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *