Selain TikTok Shop, Berikut Platform Jualan Online untuk Para Pelaku Bisnis

Suryamedia.id – Sehubungan dengan pelarangan operasi TikTok Shop oleh pemerintah beberapa waktu lalu, karena dikhawatirkan akan terjadi tindak monopoli dan merugikan bisnis UMKM, Aplikasi TikTok kini hanya bisa digunakan untuk promosi, sehingga tidak lagi untuk e-commerce. 

Sebenarnya, selain di TikTok Shop, sebagian dari masyarakat kita mungkin sudah lebih dulu mengetahui beberapa platform yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan online atau e-commerce.

Beberapa platform ini juga sudah memiliki pasar yang luas, sehingga para pelaku bisnis tetap dapat berjualan di beberapa platform berikut meski TikTok Shop ditutup.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut platform-platform yang dapat dimanfaatkan untuk e-commerce.

Shopee

Shopee menjadi platform marketplace terpopuler di Indonesia tahun 2023. Platform ini menyediakan produk-produk dari toko-toko yang memungkinkan pembeli membeli berbagai jenis barang yang dibutuhkan hanya dengan beberapa klik.

Bagi penjual, Shopee juga menawarkan berbagai fitur untuk berpromosi dengan melakukan siaran langsung dan Shopee Ads yang bisa meningkatkan penjualan di Shopee. Fitur lainnya juga memberikan kemudahan dalam metode pembayaran, mulai dari transfer, shopeepay later, SHoppepay hingga Cash on Delivery.

Baca Juga :   Elon Musk Umumkan Chatbot Grok Tersedia bagi Layanan Premium X

Tokopedia

Tokopedia juga memungkinkan individu dan bisnis untuk mengelola toko online, membuat iklan sendiri dalam aplikasi, dan bisa bertransaksi dengan nyaman. Pemilik bisnis juga bisa mendapatkan banyak leads untuk meningkatkan penjualan karena sudah banyak orang-orang yang mengunjungi platform ini setiap harinya.

Bukalapak

Bukalapak menyediakan wadah bagi brand dan individu untuk melakukan jual-beli online. Bukalapak menekankan pada kemudahan dan keandalan e-commerce dengan memberikan jaminan finansial pada pelanggan.

Lazada

Lazada merupakan marketplace untuk pengecer yang ingin menjual produk mereka sendiri. Platform ini didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011 sebelum diakuisisi oleh Alibaba pada 2016.

Dropshipaja

Platform ini khusus untuk dropshipper yang menyediakan berbagai macam produk. Platform ini tidak hanya menyediakan fasilitas produk berkualitas, tapi juga pelatihan bagi mereka yang masih pemula dalam bisnis online.

Raena

Bagi Anda yang tertarik berbisnis di bidang kecantikan, Anda dapat memulainya di platform Raena.  Platform jualan online khusus reseller dan dropshiper produk beauty ini sudah bekerja sama dengan 250 lebih brand lokal dan internasional. Platform ini juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses melalui Google PlayStore maupun AppStore.

Baca Juga :   TikTok Shop Resmi Ditutup Hari Ini

Demikian beberapa platform untuk jualan online, selain TikTok Shop. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *