Mengapa File ‘Others’ di Penyimpanan Ponsel Punya Ukuran Data Besar?

Suryamedia.id – Saat mengecek memori ponsel, Anda mungkin menemukan file-file berupa video, foto, dokumen dan yang lainnya adalah kategori ‘Others’. Biasanya, file yang masuk dalam kategori tersebut memiliki ukuran yang relatif besar.

Lantas, file apa yang sebenarnya ada di kategori ‘Others’ tersebut?

Melansir DetikINET, kategori ‘Others’ biasanya berbentuk data-data dari aplikasi yang diinstall ke dalam perangkat. Data tersebut bisa berupa file sistem, data cache, dan file sementara yang tidak masuk dalam kategori penyimpanan lainnya.

Data di ‘Others’ tidak bisa dihapus langsung dari perangkat, namun bisa menghapus sebagian dari cache atau aplikasi untuk mengurangi penggunaan memori ponsel. Sementara itu, untuk mengecek besaran data yang disimpan dapat dilihat dengan mengecek storage ‘Others’ di ponsel.

Caranya, buka menu ‘Pengaturan/Setting’ pada ponsel

Kemudian pilih ‘Tentang Perangkat’, kemudian ‘Penyimpanan’ untuk melihat berapa banyak data yang memenuhi file ‘Others/Lainnya’.

Cara menghapus data cache

Sementara itu, cara untuk menghapus cache dari masing-masing aplikasi dilakukan dengan membuka ‘Pengaturan/Setting’ di ponsel.

Baca Juga :   Perusahaan Pertimbangkan Layanan Berbayar untuk Google Search

Kemudia, ‘Tentang Perangkat’, lalu klik ‘Penyimpanan’ dan ‘Aplikasi dan data’.

Pilih aplikasi yang ingin dihapus data cache-nya, yaitu dengan klik ‘Hapus cache’.

Setelah menghapus data yang dikehendaki, cek kembali pada penyimpannan internal, apakah data ‘Others’ sudah berkurang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *