Fakta Arkhan Kaka, Pencetak Gol Pertama untuk Indonesia di Ajang Piala Dunia U-17 2023

Suryamedia.id – Salah satu yang menarik perhatian pada Piala Dunia U-17 2023 adalah performa Arkhan Kaka yang mampu mencetak gol ke gawang Ekuador. Ia menjadi pemain Indonesia pertama yang mampu cetak skor di laga tersebut di menit ke-22.

Di pertandingan tersebut, Timnas Indonesia berhadapan dengan wakil CONMEBOL, Timnas Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, pada Jumat (10/11/2023).

Berikut ini beberapa fakta mengenai Arkhan Kaka, penyerang Timnas Indonesia U-17.

Putra Pesepak bola Indonesia

Arkan Kaka merupakan putra dari mantan penyerang Timnas Indonesia di era 90an hingga 2000an awal, yakni Purwanto Suwondo. Sang ayah juga pernah masuk ke sejumlah klub ternama Liga Indonesia, seperti Arema, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, Semen Padang, dan Persela Lamongan.

Karir di sepak bola

Sebelum menjadi penyerang di Timnas U-17, Kaka mengawali karirnya di Blitar, sebagai anggota PSBK Blitar. Setelah Bhayangkara FC mengetahui bakatnya, ia diajak ke tim U-16 Bhayangkara FC, dan pada tahun 2022 ia masuk ke Persis Solo.

Baca Juga :   Profil Greysia Polii, Pebulu Tangkis Kebanggaan Indonesia yang Akan Pensiun

Saat baru berusia 15 tahun, Kaka resmi jadi pemain termuda yang pernah debut di Liga 1. Ia masuk menggantikan Irfan Bachdim di laga Persis Solo vs Persib Bandung.

Pemain Kunci Timnas Indonesia

Nama Arkhan Kaka mulai dikenal di Piala AFF U-16 2022. Saat itu, ia jadi salah satu pemain kunci Garuda Muda untuk mengamankan gelar juara. Dia sempat dicoret pada seleksi awal masuk Piala AFF U-16. Namun, ia membuktikan kemampuannya di EPA U-16 bersama Bhayangkara FC, hingga akhirnya dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-16.

Setelah memberikan gelar juara Piala AFF U-16, Kaka promosi ke level U-17 dan bermain di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Ia berhasil mencetak empat gol alias quattrick pada duel lawan Guam.

Pernah Raih Gelar Top Skor

Sebelum bermain untuk Timnas Indonesia, ia pernah menyabet gelar sebagai top skor di Elite Pro Academy U-16 2021. Kaka sukses menghasilkan sembilan gol sepanjang turnamen berjalan bersama Bhayangkara FC U-16. (*)

Baca Juga :   Petenis Dunia Serena Williams Mengaku Masih Kehilangan Sahabatnya Virgil Abloh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *