Jadwal Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024

Suryamedia.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI rilis jadwal pelaksanaan, beserta tema debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pelaksanaannya diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024. Debat ini akan difasilitasi KPU dan merupakan metode kampanye Pemilu 2024.

Tema debat Capres-Cawapres

Dalam pelaksanaan debat Capres dan Cawapres, dijelaskan bahwa para calon akan membahas perihal hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi dan terorisme, serta berbagai isu mengenai energi, pangan, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Tema tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Pemilu.

Selain itu, ada juga topik pendidikan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan, sesuai yang tercantum dalam Putusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum.

Jadwal debat Capres-Cawapres

Debat Pertama                  : Selasa, 12 Desember 2023

Pada sesi ini, para calon akan membahas hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat Kedua                      : Jumat, 22 Desember 2023

Baca Juga :   DPRD Pati Sebut Anak Korban Gempa Cianjur Adalah Aset Bangsa

Pada sesi ini, para calon akan membahas pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat Ketiga                      : Minggu, 7 Januari 2024

Pada sesi ini, para calon akan membahas ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Debat Keempat                : Minggu, 14 Januari 2024

Pada sesi ini, para calon akan membahas tentang energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat Kelima                     : Minggu, 4 Februari 2024

Pada sesi ini, para calon akan membahas teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Acara debat ini akan ditayangkan pada pukul 19.00 WIB.

“Rencananya dijadwal akan dimulai jam 19.00 WIB. Kalau penyiaran prime time,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz, dikutip dari detikNews. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *