Tips Belajar Efektif dari Jerome Polin, Salah Satunya Metode 50:10

Suryamedia.id – Nama Jerome Polin semakin banyak dikenal melalui kanal YouTube-nya yang bernama Nihonggo Mantappu. Lewat chanel YouTube tersebut, ia menyajikan berbagai konten dimulai dengan vlog saat di Jepang maupun di Indonesia hingga permainan seru yang melibatkan teman-temannya.

Pada awalnya, chanel YouTube tersebut digunakan oleh Jerome untuk membagikan pengalamannya saat bersekolah di Waseda University, Jepang. Namun, tak jarang ia juga turut memberikan sejumlah tips-tips menarik, seperti tips belajar agar tidak bosan. Seperti diketahui bahwa image Jerome Polin yang dikenal masyarakat adalah sosok YouTuber yang sangat menyukai kegitan belajar, terutama matematika.

Berikut ini adalah beberapa tips belajar efektif ala Jerome Polin yang bisa Anda ikuti.

Menggunakan metode 50:10

Metode 50:10 merujuk pada sistem belajar yang dipelajarinya saat di Jepang. Ini merupakan sistem dimana 50 menit kita habiskan untuk belajar, kemudian 10 menit untuk istirahat. Menurutnya, otak membutuhkan jeda untuk beristirahat sebelum kembali pada proses belajar. Perlu diketahui bahwa menyediakan waktu untuk otak berileksasi juga dapat mencegah burnout.

Membuat target

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Jerome Polin menyarankan untuk mematok target dalam proses pembelajaran. Target ini akan memicu motivasi dan semangat untuk mencapai sesuatu. Misalnya, dalam waktu 1 jam, Anda mematok target bisa menyelesaikan 20 soal latihan. Yang paling penting, dalam menentukan target harus realistis. Selain itu, pencapaian target juga dapat menimbulkan kepuasan dalam diri.

Baca Juga :   13 Cara beradaptasi pertama kali masuk sekolah

Reward and punishment

Tips selanjutnya adalah dengan memberlakukan reward dan punishment. Jika bisa mencapai target, Anda berhak mendapatkan sesuatu yang diinginkan (meski hal sederhana sekalipun), seperti bermain games atau makan makanan favorit. Sebaliknya, jika Anda gagal mencapai target, maka Anda perlu menahan keinginan tersebut.

Belajar dari berbagai sumber

Metode lainnya adalah dengan menambah pengetahuan tidak hanya dari 1 sumber saja. Belajar dengan mencari tahu dari berbagai sumber dapat membantu kita lebih terbuka dan mendapatkan pandangan yang lebih luas. Anda tak hanya belajar dengan buku, internet maupun sumber-sumber lainnya.

Cari suasana baru

Agar tidak bosan saat belajar, cari suasana baru. Anda tidak harus belajar di kos atau rumah saja, tapi juga di tempat lainnya, seperti di perpustakaan, kafetaria, taman, dan tempat-tempat lainnya.

Mencari komunitas belajar

Selanjutnya, Anda juga bisa mencari komunitas belajar. Dengan mengikuti teman-teman yang memiliki minat belajar yang sama, Anda akan turut termotivasi untuk belajar dan juga berkeinginan untuk terus mengembangkan diri. (*)

Baca Juga :   Pertanyaan Paling Umum di Interview Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *